manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan

11 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan, Bibir, dan Diet

Posted on

7khasiat.com | Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Bibir dan Diet – Tahukah kamu, jika ternyata buah belimbing wuluh yang terkenal dengan rasa asam ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kecantikan. Buah yang memiliki bentuk lonjong sebesar ibu jari ini dapat dijadikan untuk perawatan kulit, bibir, dan bahkan juga bisa untuk progam diet. Memang, kebanyakan orang biasanya menjadikan buah ini hanya untuk sayur dan rujak saja, padahal ada sejuta manfaat buah belimbing ini baik untuk kecantikan ataupun kesehatan.

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang bisa dibilang masih dalam marga buah belimbing. Namun memiliki varietes berbeda. Buah satu ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, ada asam format, peroksida, kalsium oksalat, kalium, sulphur, glukosid, tannin, saponin, kalium, sitrat, dan yang paling tinggi adalah vitamin C. Nutrisi-nutrisi ini sangat bagus untuk kecantikan wajah dan kulit. Penasaran apa saja manfaat belimbing untuk wajah dan kulit ? Langsung saja simak ulasan berikut manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, bibir, dan diet.

manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Ini sebab,buah belimbing memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup untuk menangkal serangan radikal bebas. Nutrisi-nutrisi inilah yang bekerja sebagai zat antioksidan untuk menghalau serangan tersebut. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang ada pada buah belimbing wuluh ini mampu menyamarkan kerutan pada wajah. Dimana ini merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Jadi, jika wajah kamu ingin awet muda bisa gunakan buah belimbing wuluh ini.

Mengatasi Wajah Berjerawat

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah mengatasi wajah jerawat. Siapa sih yang tidak jengkel dengan wajah berjerawat ? Memiliki wajah berjerawat sangatlah mengganggu aktivitas, menjadikan kurang percaya diri. Apalagi sampai menyebabkan bekas dan flek hitam pada wajah. Tentu sangat tidak menyenangkan.

Untuk mengatasi wajah berjerawat bisa memanfaatkan buah belimbing wuluh.  Buah satu memiliki nutrisi yang mampu mencegah bakteri munculnya jerawat. Selain itu, terkandung juga zat antioksidan yang berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas jerawat pada wajah.

Mengurangi Wajah Berminyak

Salah satu sebab yang menjadikan wajah kusam dan timbul jerawat adalah minyak berlebih pada wajah. Belimbing wuluh dapat mengatasi permasalah tersebut. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah satu ini sangat bermanfaat untuk mengurangi wajah berminyak. Vitamin dan nutrisi lainnya mampu mengangkat minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu, jika wajah kamu tidak ingin berminyak, manfaatkan buah belimbing wuluh ini.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Belimbing wuluh ternyata juga memiliki manfaat mampu mengangkat sel kulit mati. Ini sebenarnya sudah tidak menjadi rahasia lagi. Banyak yang sudah menerapkan buah asam ini sebagai perawatan kulit wajah untuk tetap awet muda, bersinar dan mempesona. Kandungan nutrisi yang ada buah belimbing wuluh sangat efektif untuk meregenerasi sel kulit mati. Sehingga, wajah akan tetap segar dan terlihat kembali muda.

Menghilangkan Komedo

Belimbing wuluh dapat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah. Cukup dengan menjadikan buah ini sebagai masker wajah, maka komedo akan terangkat dengan sendirinya. Nutrisi belimbing wuluh yang masuk dan meresap akan menghilangkan komedo membandel dan menjegahnya untuk kembali. Lakukan secara rutin, hingga komedo hitam pada wajah hilang.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Bibir Merah Merona

Memiliki bibir merah merona adalah dambaan setiap wanita. Dengan bibir merah alami pastinya akan meningkatkan kepercayaan diri. Kamu bisa mendapatkan itu dengan manfaat belimbing wuluh untuk bibir. Senyawa antioksidan yang ada pada buah belimbing wuluh ini mampu menyegarkan dan melembabkan bibir serta mengatasi bibir kering. Sehingga akan tampak merah alami dan mempesona. Satu lagi, senyawa flavonoid yang ada belimbing wuluh juga mampu menghilangkan flek hitam pada bibir.

Cara menjadikan belimbing wuluh untuk menyegarkan bibir adalah dengan mengoleskan langsung pada bibir. Namun tentunya dengan sudah dicuci bersih dahulu. Selain itu juga bisa mencampurkan dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yang harus diperhatikan adalah, bibir tidak boleh dalam keadaan pecah-pecah, karena ini akan menimbulkan sensasi rasa perih yang luar biasa.

 Memutihkan dan Menghaluskan Kulit

Ingin mendapatkan wajah putih dan kulit halus, cukup gunakan belimbing wuluh. Buah satu ini sangat efektif untuk mencerahkan wajah. Kebanyakan orang, menjadikan buah belimbing wuluh ini sebagai masker wajah. Dengan begitu, nutrisi yang ada pada belimbing wuluh akan benar-benar terserap oleh kulit. Sehingga bisa bekerja lebih baik.

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Selain minyak berlebih pada wajah, menyumbatnya kotoran atau bakteri pada pori-pori wajah juga bisa menyebabkan wajah berjerawat. Untuk itu, memanfaatkan buah belimbing wuluh untuk mengecilkan pori-pori juga sangat penting. Dengan begitu, kotoran atau bakteri tidak akan bisa masuk lagi. Sehingga, wajah tetap terlindungi dan terhindar dari ancaman jerawat membandel.

Mengatasi Panu pada Kulit

Panu adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yaitu Candida Albicans. Memang ini tidak cukup membahayakan, akan tetapi bisa menular pada orang lain. Tanda awal timbulnya panu adalah muncul bercak-bercak putih. Jika ini terjadi pada bagian kulit luar alias terlihat tidak tertutup pakaian, tentu akan menjadikan penampilan kurang percaya diri. Nah, buah belimbing wuluh bisa mengatasi penyakit kulit tersebut. Karena dalam buah ini memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. Jadi, gunakan buah belimbing wuluh ini untuk mengatasi panu pada kulit.

Cara menjadikan belimbing wuluh sebagai ramuan mengatasi panu cukuplah gampang. Ambil satu atau dua (secukupnya) belimbing wuluh, kemudian tumbuk halus dan campurkan dengan kapur sirih. Jika sudah benar-benar menyatu, oleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Diamkan hingga mengering, setelah itu cuci bersih. Lakukan secara teratur kurang lebih tiga kali sehari.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diet

Dari sekian banyak manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, satu yang paling mengagumkan adalah dapat digunakannya untuk memperlancar progam diet, mendapatkan tubuh cantik yang proporsional. Ya, buah belimbing wuluh ternyata juga bisa dijadikan untuk diet. Salah satu kandungan yang sangat berperan aktif dalam manfaat ini adalah vitamin C dan serat.

Vitamin C pada buah belimbing wuluh akan bekerja meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga, dengan berjalan lancarnya metabolisme pada tubuh, maka lemak akan terbakar secara optimal. Sementara kandungan serat pada belimbing wuluh bekerja mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh, dan mengurangi nafsu makan berlebih. Dengan ini, progam diet akan berjalan optimal. Sehingga mendapatkan tubuh idel pun tidak cukup sulit.

Memberihkan dan Merawat Kuku

Manfaat belimbing wuluh untuk membersihkan dan merawat kuku tentu sudah banyak yang tahu. Ini merupakan salah satu tradisi dari jaman dahulu. Memberihkan kuku dengan belimbing wuluh sangatlah efektif. Ini karena zat asam pada belimbing wuluh sangatlah tinggi. Sehingga, kotoran pada kuku bisa hilang dan kuku pun terlihat putih. Cara menggunakannya pun cukup gampang. Tinggal ambil satu buah belimbing wuluh dan hancurkan dengan kuku-kuku. Tusuk-tusukkan kuku pada buah belimbing.

cara membuat masker belimbing wuluh

Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh

Setelah mengetahui banyak khasiat belimbing wuluh untuk kecantikan wajah, pastinya sekarang bertanya-tanya bagaimana cara mengaplikasikanny ? Kebanyakan orang menjadikan belimbing wuluh ini sebagai masker wajah. Namun tentunya tidak langsung begitu saja. Ada campuran-campuran yang bisa mengoptimalkan khasiat belimbing wuluh untuk wajah. Salah satu diantaranya adalah madu. Sebab, sudah tidak asing lagi manfaat madu untuk kecantikan.

Campuran tersebut adalah garam, gula, minyak zaitun, madu, putih telur, dan belerang. Jadi kamu bisa memilih salah satu dari beberapa bahan tersebut. Untuk cara pengolahannya semua sama, yaitu ambil beberapa buah belimbing (3-4 buah), cuci bersih dan haluskan. Setelah itu campurkan salah satu bahan yang tersebut di awal. Inget.. salah satu saja yaa… tidak semua campuran dijadikan satu. Jika garam ya garam saja dengan belimbing, jika gula ya gula saja dengan belimbing. Biarkan hingga mengering. Terakhir cuci bersih. Untuk campuran minyak zaitun, sebaiknya dilakukan dimalam hari, dan bilas dipagi harinya. Ini akan membuat masker lebih optimal.

Efek Samping Masker Belimbing Wuluh

Meski memiliki banyak khasiat untuk wajah dan tergolong dalam buah yang tidak berbahaya, namun jangan salah jika belimbing wuluh juga memiliki efek samping. Terutama jika digunakan sebagai masker wajah. Efek samping yang pertama adalah terasa perih pada wajah, terlebih pada bagian yang luka. Ini sebab kandungan asam dalam buah belimbing cukup tinggi. Untuk mengatasinya bisa mencampurkan dengan bahan lain seperti minyak zaitun, madu, gula atau yang lain.

Efek samping masker belimbing wuluh selanjutnya adalah menimbulkan bintik-bintik dan flek hitam. Hal ini juga disebabkan karena kandungan asam yang keras. Sehingga jika diaplikasikan tanpa diberi tambahan bahan alami, maka akan menimbulkan bintik-bintik di sekitar jerawat. Bahanya lagi jika dioleskan pada kulit sensitif, bisa-bisa malah menimbulkan flek hitam pada wajah. Untuk itu sangatlah hati-hati menggunakan masker belimbing wuluh.

Efek samping selanjutnya adalah membuat kulit semakin kering. Memang, masker belimbing wuluh bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah, namun jika dilakukan terlalu sering maka kulit akan makin mengering. Masih ada banyak lagi efek samping dari masker belimbing wuluh ini. Bisa menyebabkan kerutan pada wajah, alergi gatal-gatal, dan kulit terasa kasar.

Cukup menakutkan memang efek samping masker belimbing wuluh. Akan tetapi jika dilakukan dengan benar dan tidak terlalu sering, bahaya belimbing wuluh tersebut tidaklah terjadi. Jika cukup kawatir selalu konsultasikan dengan dokter kulit langganan kamu, atau segera hentikan jika timbul bahaya yang terjadi.

Sampai disini dulu ya ulasan manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, cara membuat masker belimbing wuluh, dan efek samping belimbing wuluh. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Selain belimbing wuluh, buah bengkoang juga tidak diragukan lagi dalam kecantikan wajah. Berikut manfaat bengkoang untuk wajah dan cara menjadikannya masker. Jangan lupa share yaa… Terimakasih ^_^

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *