khasiat buah kedondong bagi ibu hamil

12 Khasiat Buah Kedondong Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Posted on

7khasiat.com | 12 Khasiat Buah Kedondong Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan – Buah kedondong termasuk jenis buah dari tanaman suku mangga- manggan. Buah ini dikenal mempunyai biji tunggal yang berserabut. Selain dimakan langsung dalam kondisi segar, buah kedondong dapat disajikan dalam bentuk rujak, asinan, acar, bahkan selai. Daunnya pun bisa dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan. Dalam buah kedondong mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Hal ini menjadikan buah kedondong baik untuk kesehatan. Barikut khasit buah kedondong untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh. Tak ketinggalan juga efek samping atau bahaya buah kedondong.

khasiat buah kedondong bagi ibu hamil

Khasiat Buah Kedondong Untuk Ibu Hamil dan Janin

Menghindari resiko anemia

Kendondong memimiliki salah satu kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan yang dimaksud tersebut adalah zat besi. Zat ini mampu memproduksi sel darah merah dengan baik. Dengan demikian, ibu hamil yang mengkonsumsi buah kedondong secara rutin akan terhindar dari resiko anemia.

Tak hanya itu saja, zat besi ini juga dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Zat besi akan berperan membawa oksigen, membantu fungsi otot, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Memperkuat tulang dan gigi

Selain zat besi, kedondong juga mengandung zat kalsium. Zat ini juga tidak kalah penting untuk ibu hamil. Dengan terpenuhinya zat kalsium, seorang ibu hamil akan terhindar dari resiko osteoporis dan asam dalam tubuh menjadi seimbang. Ini karena, zat kalsium akan memperkuat tulang dan gigi bagi ibu halim, dan mempercepat pengerasan tulang dan gigi pada janin yang masih dikandungnya.

Baik untuk regenerasi sel dan pembentukan sel

Untuk mempercepat regenerasi sel dan pembentukan sel baru pada janin, memerlukan dukungan protein yang cukup banyak. Nah, kedondong adalah salah satu buah yang kaya akan protein. Jadi ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Dengan kebutuhan akan protein yang cukup, maka proses regenerasi sel dan pembentukan sel baru akan lebih baik dan cepat.

Meningkatkan energi tubuh

Kebutuhan energi yang cukup bagi ibu hamil sangatlah diperlukan. Ini karena untuk pembelahan sel janin dan menopang janin dalam rahim. Buah kedondong memiliki kandungan energi yang banyak, seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Dengan demikian, buah kedondong sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan energi.

Menjaga sistem imun pada janin

Kebutuhan sistem imun pada janin sangat diperlukan. Karena untuk menjaga agar janin tetap sehat dan kuat, tidak mudah terserangnya penyakit. Salah satu pendorong pembentukan sistem imum pada tubuh adalah vitamin A. Nah, pada buah kedondong memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Jadi ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin didalam perut.

Khasiat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati batuk

Batuk terjadi karena adanya bakteri di saluran pernapasan. Untuk menyembuhkan gejala batuk dapat menggunakan buah kedondong. Dalam buah kedondong mengandung senyawa yang bisa membunuh bakteri penyebab batuk. Sebelum mengkonsumsi buah kedondong, sebaiknya buah dicuci bersih setelah dikupas. Penderita bisa langsung memakan buah atau menyajikan dalam bentuk jus.

Mengobati diare

Penyakit diare disebabkan adanya bakteri jahat pada pencernaan sehingga organ tidak bekerja secara normal. Manfaat buah kedondong berperan sebagai anti bakteri sehingga bisa melemahkan bakteri penyebab diare. Untuk penderita asam lambung yang tinggi tidak disarankan mengkonsumsi buah kedondong. Karena dalam buah kaya akan asam dan dikawatirkan membuat lambung iritasi.

Mengobati anemia

Seseorang dinyatakan menderita anemia karena kekurangan zat besi dalam tubuhnya. Buah- buahan dan sayuran kaya akan zat besi sehingga penderita disarankan rajin mengkonsumsinya. Seperti yang terdapat dalam buah kedondong yang tinggi akan zat besi. Dengan rutin mengkonsumsinya, zat besi dalam tubuh akan tercukupi dan terhindar dari gejala anemia.

Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kerja jantung bisa terganggu jika terdapat pembuluh darah yang tersumbat. Akibatnya jantung terasa berat saat memompa darah. Jika hal demikian terjadi, resiko terberatnya terkena serangan stroke. Karena aliran darah tidak sempurna, dan syaraf dalam otak kekurangan oksigen dari darah. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kedondong. Atau juga bisa dengan mengkonsumi buah pir. Ada banyak manfaat buah pir untuk kesehatan. Salah satunya menjaga kesehatan jantung.

Menyehatkan mata

Manfaat buah kedondong berperan untuk menyehatkan mata. Kandungan buah kedondong salah satunya adalah vitamin A yang diperlukan sebagai nutrisi mata. Vitamin A yang cukup untuk mata membuat retina dan jaringan lainnya bekerja secara optimal. Dengan demikian seseorang akan terhindar dari rabun senja, penglihatan buram, dan minus.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh berperan penting untuk kesehatan. Di dalam tubuh yang sehat pasti mempunyai kekebalan tubuh yang bagus. Sebaliknya saat kekebalan tubuh menurun, mudah terjangkit bakteri penyebab penyakit. Manfaat buah kedondong mengandung vitamin C berguna untuk menjaga daya tahun tubuh. Sama halnya dengan khasiat daun kenikir untuk kesehatan. Dimana mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian tubuh kebal terhadap bakteri maupun virus yang menyebabkan penyakit.

Sebagai sumber anti oksidan

Buah kedondong kaya akan vitamin C sebagai zat anti oksidan. Zat ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Tubuh yang kurang bagus menangkal radikal bebas mudah terserang sel kanker. Sebagai pencegahan, mengkonsumsi buah kedondong sangat dianjurkan.

Efek Samping atau Bahaya Buah Kendondong

Buah kedondong memang memiliki kaya akan khasiat dan manfaat, baik itu bagi ibu hamil atau kesehatan tubuh. Namun, perlu diketahui juga buah satu ini juga memiliki efek samping atau bahaya bagi kesehatan tubuh.

Efek samping yang sering terjadi ketika mengkonsumsi buah kedondong adalah gangguan pada pencernaan, salah satu contohnya adalah perut terasa mulas. Ini karena rasa asam buah kedondong apalagi jika masih muda.

Tidak disarankan bagi orang yang memiliki gangungan pencernaan untuk mengkonsumsi buah ini, apalagi secara berlebihan. Bagi ibu hamil juga demikian, tidak diperbolehkan mengkonsumsi secara berlebih, karena akan menggangu sistem pencernaan dan lebih parahnya bisa menyebabkan keguguran.

Seperti yang kita tahu, yang berlebih-lebih itu tidaklah baik. Jika masih standar konsumsi tidaklah apa-apa. Meski sedikit yang penting adalah rutin tiap hari. Dengan begitu akan memperoleh khasiat dan manfaatnya.

Demikian informasi khasiat buah kedondong bagi ibu hamil dan kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jangan lupa like and share. Bagikan ke yang lain. Terimakasih ^_^

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *