35 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Obat

7khasiat.com | 35 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Obat – Tanaman Sirsak yang mempunyai nama Latin Annona muricata L. mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari daun, buah, bunga, hingga akar mempunyai khasiat sendiri- sendiri. Tak heran jika di Indonesia sendiri banyak dibudidayakan tanaman sirsak. Selain dapat tumbuh di sembarang tempat, sirsak juga mudah dalam perawatannya.

Beberapa tahun lalu, sejumlah ilmuwan meneliti kandungan senyawa kimia pada daun sirsak. Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa daun sirsak dapat dijadikan sebagai bahan obat herbal. Tentunya jika daun sirsak diolah dengan cara yang tepat dan dosis yang sesuai. Obat herbal yang diambil dari daun sirsak ini terbukti tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Adapun kandungan daun sirsak adalah kalori 65 gram, protein 1 gram, lemak 0,95 gram, karbohidrat 16,5 gram, serat 3,2 gram, kalsium 14 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0,64 mg, vitamin B1 0,007 mg, vitamin A 10 mg, kalium 270 mg, riboflavin 0,06 mg, niacin 1,3 mg, tryptophan 11 mg, metionin 8 mg, dan lysine 60 mg.

manfaat dan khasiat daun sirsak

Berikut manfaat dan khasiat daun sirsak untuk kesehatan:

1. Mengobati kanker dan kista

Manfaat daun sirsak obat kanker. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipercaya dapat mengobati kanker dan kista. Para ahli medis telah meneliti bahwa pada daun sirsak mengandung senyawa kimia yang mampu memberantas penyakit kanker dan kista. Senyawa tersebut adalah acetogennis, annocatacin, annocatalin, asam gentisit, asam lenoleat, dan calclourin. Senyawa kimia pada daun sirsak ini mampu melemahkan sel jahat hingga 10.000 kali lipat dibandingkan dengan kemoterapi.

2. Mengobati penyakit paru-paru

Fungsi vital paru- paru sebagai alat pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh. Jika paru- paru mengalami kelainan akan berakibat fatal. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mampu mengobati penyakit paru- paru. Yaitu dengan cara membunuh bakteri yang menyerang paru- paru.

3. Mengobati penyakit ginjal

Organ ginjal berperan penting untuk mengeluarkan urine. Kelainan pada organ ini membuat penderita tersiksa. Misalnya sakit saat buang air kecil dan merasa tidak nyaman ketika berjalan. Daun sirsak mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk mengobati radang ginjal.

4 Meringankan radang sendi

Penderita radang sendi sering mengalami ngilu. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan bisa digunakan untuk meringankan peradangan tersebut. Penderita disarankan mengkonsumsi rebusan air sirsak dengan teratur. Demikian peradangan akan berkurang secara perlahan.

5. Mengobati bisul

Bisul biasanya disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar, elergi makanan, dan elergi lingkungan. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun sirsak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan daun sirsak yang sudah ditumbuk pada bisul. Lakukan secara berulang hingga bisul kempes.

6. Mengobati asam urat

Khasiat daun sirsak untuk mengobati asam urat. Bagi Anda penderita asam urat, Anda bisa memanfaatkan daun ini sebagai alternatif pengobatan alami. Cara penggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat adalah dengan merebus 6 – 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau dengan dua gelas air. Rebuslah hingga tersisa 1 gelas air. Minum dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Lakukan secara rutin hingga sakit asam urat terasa reda.

7. Membasmi diabetes

Penyakit diabetes dapat diobati dengan daun sirsak. Nutrisi yang adalah dalam daun sirsak diyakini mampu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Seseorang yang normal, memiliki kadar gula normal darah berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Cara memanfaatkan daun sirsak sebagai pengobatan diabetes cukuplah mudah, Anda ambil 2-5 helai daun sirsak, kemudian bersihkan dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Minum secara rutin sekitar 3-4 hari. Lakukan cek kadar gula darah secara rutin juga.

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal

Ternyata daun sirsak juga sangat baik dijadikan obat. Ini karena zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dijadikan sebagai bahan obat. Seperti yang dilansir pada manfaat.co.id, berikut ini khasiat daun sirsak sebagai obat.

  1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  12. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  13. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  14. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  15. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  16. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
  17. Diuretik: The emetik dari aurine
  18. Penenang: Zat yang menenangkan
  19. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  20. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  21. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  22. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  23. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  24. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  25. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik

Meskipun banyak manfaatnya, daun sirsak juga mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi justru membunuh bakteri baik dalam tubuh. Sehingga bakteri baik akan ikut mati. Untuk mengantisipasi efek samping daun sirsak, seringlah konsultasi dengan dokter.