manfaat dan khasiat daun salam

7 Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Posted on

7khasiat.com | 7 Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Daun salam dengan nama Latin Laurus nobilis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan yang terdapat dalam daun salam adalah Vitamin C, vitamin A, asam folat, mineral tembagam kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Selain itu juga mengandung antioksidan, flavonoid, asam laurat, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien.

manfaat dan khasiat daun salam

Berikut manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan

1. Manfaat daun salam untuk mengobati diabetes

Daun salam kaya antioksidan yang mampu mengontrol tubuh untuk memproduksi insulin. Sehingga efektif untuk penderita diabetes dan penderita resistensi insulin. Dengan mengkonsumsi daun salam, maka tingkat glukosa darah, kolesterol dan trigliserida dapat menurun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan mengkonsumsi daun salam bubuk selama 30 hari.

2. Melancarkan kerja jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang vital untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Daun salam yang mengandung senyawa rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien mampu melancarkan kerja jantung. Senyawa flavanoidnya dapat menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dengan demikian jika kinerja jantung bagus dan tekanan darah normal maka terhindar dari serangan stroke.

3. Mengurangi rasa sakit

Rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik dan nyeri memang mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya bisa menggunakan minyak yang diekstrak dari daun salam. Dalam minyak ini mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan rasa sakit. Selain itu dapat mengurangi rasa sakit kepala akibat migrain. Tak hanya itu saja, rasa sakit dan pembengkakan bisa berkurang dengan mengikatkan daun salam pada sendi.

4. Mencegah kanker

Manfaat daun salam dapat mencegah penyakit kanker. Daun salam kaya akan asam caffeic, quercetin, euganol, dan catechin. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi tubuh dan mampu melawan sel kanker. Sedangkan senyawa phytonutrient atau parthenolide memberikan pertahanan terhadap serangan sel kanker serviks.

5. Sebagai pengusir serangga

Serangga seperti nyamuk yang berada di sekitar rumah membuat penghuni tak nyaman. Sebagai pengusir alami dapat menggunakan daun salam. Manfaat daun salam ini sebagai obat nyamuk. Kandungan asam lauratnya mampu mengusir serangga. Penggunaanya yaitu dengan mengoleskan minyak dari ekstrak daun salam pada tubuh seperti kaki dan tangan.

6. Mengobati asam urat

Gejala asam urat disebabkan kandungan zat purin dalam tubuh yang berlebihan. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun salam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 10 lembar daun salam pada air 2 gelas. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Minumlah dua kali sehari secara rutin. Dengan perlahan gejala asam urat berkurang.

7. Mengobati gangguan ginjal

Gangguan ginjal seperti batu ginjal kerap menyerang siapa saja. biasanya penderita mengalami batu ginjal karena pola hidupnya kurang teratur. Misalnya kurang minum, kurang olahraga, dan kurang mengkonsumsi makanan berserat. Manfaat daun salam mampu mengobati gangguan ginjal tersebut. Karena senyawa yang dikandung dalam daun secara efektif menghancurkan batu ginjal dengan perlahan.

Demikian informasi manfaat dan khasiat daun salam. Semoga daat bermanfaat dan menambah wawasan. Tidak dipungkiri, ternyata daun salam yang sering kita jadikan bumbu masakan dan atau sebai penyedap masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat, dan salah satu diantaranya adalah yang tersebut di atas. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kalau ada yang alami kenapa harus dengan bahan kimia.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *