manfaat dan khasiat buah belimbing

Bahaya dan Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

7khasiat.com | Bahaya dan Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh – Buah Belimbing merupakan tumbuhan asal Indonesia. Sedangkan usaha penanaman secara komersialnya dilakukan di Amerika Serikat yaitu di Florida dan Hawaii. Buah yang jika diiris bentuknya mirip bintang ini menjadi ikon kota Depok Jawa Barat sejak tahun 2007. Dalam buah belimbing kaya akan vitamin C, vitamin A kalori, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, mineral zat besi dan kalsium. Tak heran jika buah yang disebut star fruit ini baik untuk kesehatan. Nutrisi pentingnya mengandung antioksidan dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh.

manfaat dan khasiat buah belimbing

Khasiat dan manfaat buah belimbing untuk kesehatan

1. Untuk kesehatan pencernaan

Khasiat buah belimbing bagus untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya mencegah penyerapan kolesterol LDL (lemak jahat) pada makanan dalam usus. Selain itu serat dari buah belimbing ini membantu melindungi selaput lendir usus dari racun yang ikut masuk terbawa makanan. Serat- serat ini mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar. Dengan demikian, seseorang yang rajin mengkonsumsi buah belimbing akan terhindar dari resiko gejala kanker usus besar.

2. Untuk mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C dalam buah belimbing berkhasiat untuk mencegah serangan kanker. Dalam hal ini vitamin C berperan sebagai antioksidan alami yang kuat, sehingga tubuh dapat menangkal infeksi yang disebabkan bakteri maupun virus.

3. Sebagai antioksidan

Khasiat buah belimbing sebagai sumber antioksidan alami. Kandungan senyawa flavonoid polifenol seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat berperan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Meningkatkan kerja enzim

Buah belimbing mengandungvitamin B kompleks misalnya folat, riboflavin, dan piridoksin. Senyawa tersebut bersama- sama bekerja sebagai co faktor enzim dalam metabolisme. Senyawa ini juga berperan sebagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

5. Mengobati tekanan darat tinggi atau hipertensi

Manfaat buah belimbing dapat mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan minerak dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi berperan menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium berperan untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga terhindar dari pengaruh buruk sodium. Penderita hipertensi disarankan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin hingga tekanan darah kembali normal.

6. Mengobati gangguan ginjal

Kelebihan asam oksalat dalam tubuh akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Karenanya penyerapan dan metabolisme mineral akan terganggu. Hal ini tentu saja berakibat negatif pada kerja ginjal. Penderita dapat melakukan terapi alami dengan mengkonsumsi buah belimbing.

7. Untuk kecantikan

Manfaat buah belimbing untuk kecantikan. Ini sudah tidak menjadi rahasia lagi. Salah satu manfaat buah belimbing untuk kecantikan misalnya perawatan rambut rontok, membantu pertumbuhan rambut agar kuat dan sehat, merawat kulit yang berjerawat, mengontrol kelebihan minyak pada kulit, serta sebagai zat anti aging. Untuk perawatan wajah, buah belimbing dapat dijadikan sebagai masker.

8. Mempercepat proses penyembuhan

Menurut studi fitokimia dan farmatologi, meungkapkan bahwa buah belimbing, termasuk juga akar dan daun nya ternyata mengandung saponin, alkaloid, tanin, dan flavonoid. Kandungan tersebut sangat penting untuk antioksidan yang mampu membantu proses penyembuhan.

9. Mengendalikan kadar glukosa dalam darah

Buah belimbing merupakan salah satu sumber serat yang tidak larut dalam air. Hal ini terbukti dengan kandungan yang ada didalamnya yaitu 60% selulosa, 27% hemiselulosa, dan 13% pektin. Kandungan serat ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu penyerapan glukosa dan memperlambat difusi glukosa dalam aliran darah. Sehingga sangat membantu sekali sebagai pengendali kadar glukosa dalam darah.

Nah, itu tadi manfaat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya tidak hanya yang tersebut di atas, masih ada banyak lagi manfaat buah belimbing ini. Buah belimbing yang matang mampu mengatasi gangguan pada pencernaan seperti maag. Selain itu juga bagus untuk menambah nafsu makan, antidiare, penurunan panas, dan bersifat diuretik.

Buah belimbing juga bermanfaat untuk obat seriawan, menjaga berat badan, meremajakan kulit, menyehatkan mata, meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita, dan yang paling mengagumkan yaitu manfaat buah belimbing untuk ibu hamil. Ya, buah belimbing sangat bagus untuk ibu hamil. Tapi, konsumsi sesuai aturan dokter. Tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil yang menderita diabetes. Karena buah belimbing memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Efek samping buah belimbing

Kandungan nutrisi dan manfaat buah belimbing memang sudah tidak diragukan lagi. Buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun, ada beberapa kandungan nutrisi yang cukup buruk bagi penderita gagal ginjal kronis. Buah belimbing mengandung asam oksalat dan karamboxin yang cukup tinggi dan ini sangat bahaya bagi penderita gagal ginjal kronis tersebut. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Melihat begitu bahaya buah belimbing ini bagi penderita gagal ginjal kronis, maka sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah belimbing harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian ulasan khasiat buah belimbing beserta kandungan dan efek samping buah belimbing. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memberikan wawasan luas kepada kita semua. Terimakasih.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *