Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Nanas Yang Jarang Diketahui

7khasiat.com | Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Nanas Yang Jarang Diketahui – Mendengar kata “buah nanas” yang terbesit pertama kali adalah menu rujak buah dan asinan. Buah nanas memang dikenal sebagai buah konsumsi segar yang bisa disantap dalam bentuk apapun. Rasanya yang manis sedikit asam menjadikan buah ini sebagai buah favorit. Buah dengan kulit yang tak mulus ini kaya akan gizi. Kandungan nutrisi nanas tersebut seperti energi, karbohidrat, protein, lemak, serat, folat, niasin, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan mineral seng. Berikut detail kandungan gizi nanas per 100 gram menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI.

kandungan gizi nanas per 100 gram

Melihat detail tabel kandungan gizi buah nanas di atas, tak heran jika khasiat buah nanas baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ingin tahu apa saja manfaat buah nanas bagi tubuh ? Berikut :

Khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan

1. Mengobati radang sendi

Radang sendi dan otot yang berhubungan langsung dengan arthritis cukup menyiksa penderita. Resiko yang terjadi bisa menyebabkan pembengkakan, kekakuan, dan sulit bergerak. Enzin proteolitik atau yang disebut bromelain berfungsi memecah protein kompleks dan sebagai anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi buah nanas maka radang akan berkurang secara perlahan.

2. Meningkatkan imunitas

Khasiat buah nanas dapat meningkatkan sistem imunitas. Buah ini kaya akan vitamin C hingga disebut sebagai sumber asam askorbat tertinggi. Dengan kandungan vitamin C ini membuat sistem imun tubuh meningkat. Vitamin C akan bekerja merangsang sel darah putih membentuk antioksidan sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Membentuk kolagen

Selain meningkatkan sistem imunitas, kandungan vitamin C pada buah nanas berkhasiat untuk membentuk kolagen. Kolagen ini merupakan protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ vital lainnya, dan tulang. Kolagen juga berperan untuk menyembuhkan luka tubuh dan pertahanan diri terhadap infeksi.

4. Mencegah kanker

Khasiat buah nanas berperan untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin C, vitamin A, betakaroten, bromelain, flavonoid, dan mangan berfungsi sebagai anti oksidan. Senyawa ini dapat mencegah kanker pada mulut, tenggorokan dan payudara.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Khasiat buah nanas bagus untuk pencernaan. Kandungan seratnya  dapat larut dan ada pula yang tidak larut dalam pencernaan. Inilah yang menjadi kelebihan buah nanas. Serat- serat ini berperan untuk mencegah diare, konstipasi, sindrom usus besar, dan juga pembekuan darah.

manfaat buah nanas

6. Sebagai obat batuk dan pilek

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang berperan penting mengurangi dahak dan lendir dalam saluran pernapasan. Penderita batuk dan pilek dianjurkan rutin mengkonsumsi nanas agar lendir dan dahak bisa keluar sehingga pernapasan lega.

7. Menjaga kesehatan tulang

Mineral mangan yang terkandung dalam buah nanas berkhasiat untuk memperkuat tulang, membantu pertumbuhan dan perbaikan tulang. Kandungan mineral mangan dalam buah nanas ini bahkan bisa mencukupi 70% yang dibutuhkan manusia setiap hari.

8. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Buah nanas mengandung senyawa anti oksidan yang diperlukan tubuh agar terhindar dari kanker mulut. Kandungan astringentnya juga berfungsi untuk memperkuat gigi dan gusi. Dengan demikian gigi dan gusi sehat, kuat, dan tidak menimbulkan bau kurang sedap.

9. Membantu mengatur tekanan darah

Buah nanas, ternyata memiliki salah satu kandungan yang sangat penting untuk tubuh yaitu potassium (kalium). Potassium dalam tubuh adalah salah satu mineral yang cukup berperan aktif dalam kesehatan. Jika tubuh kekurangan zat mineral ini, maka dengan mudah terserang berbagai bahaya kesehatan. Peran penting potassium ini adalah sebagai vasodilator dalam tubuh. Yaitu meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah, serta mampu meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai tubuh.

Selain memiliki banyak kashiat dan manfaat, ternyata buah nanas ini juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Jadi tidak sarankan untuk menkonsumsi dalam jumlah lebih. Berikut, efek samping buah nanas

Efek Samping Buah Nanas

Dapat menggugurkan kandungan : Buah nanas sangat berpotensi untuk abortivium, dimana dapatnya menggugurkan kandungan. Untuk itu tidak disarankan wanita mengkonsumsi nanas muda, apa lagi saat hamil.

Meningkatkan gula darah : Mengkonsumsi nanas terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan gula darah. Ini karena dalam buah nanas terkandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, ini tentu tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Memicu rematik : Ketika buah nanas masuk dalam pencernaan dan terfermentasi, maka akan menghasilkan alkohol. Dengan begitu, dapat dengan mudahnya memicu rematik. Jadi, bagi penderita rematik tidak disarankan untuk konsumsi buah nanas berlebih.

Menimbulkan rasa gatal : Makan nanas juga dapat menyebabkan rasa gatal-gatal pada mulut dan lidah. Ini juga salah satu efek samping makan buah nanas. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mencuci terlebih dulu buah nanas.

Demikian informasi manfaat dan khasiat buah nanas, serta efek samping buah nanas. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca. Terimakasih.