manfaat dan khasiat buah tomat

Khasiat Buah Tomat dan Bahaya Bagi Kesehatan

Posted on

7khasiat.com | Khasiat Buah Tomat dan Bahaya Bagi Kesehatan – Tomat atau Solanum lycopersicum syn. merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan selatan. Di Indonesia sendiri tomat dijadikan sebagai sayur sekaligus buah-buahan. Buahnya berwarna hijau, kuning, hingga merah jika sudah masak. Buah tomat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam buahnya mengandung vitamin C, vitamin A, potasium, mangan, vitamin K, serat, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, dan zat besi. Berikut ini tabel kandungan gizi tomat yang dilansir dari manfaat.co.id

tabel kandungan gizi tomat

Dilihat dari tabel kandungan gizi buah tomat di atas. Buah tomat memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh. Tak heran, jika banyak orang mengkomsi buah ini dan menjadikan sebagai bahan sayuran setiap harinya.

Manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh

1. Mengobati kanker

Kandungan buah tomat yaitu senyawa likopen mampu secara efektif menurunkan risiko kanker pankreas. Hal ini sesuai dengan penelitian para ahli di University of Montreal. Dengan mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak, kanker pankreas bisa menurun hingga 31%.

2. Untuk kesehatan mata

Khasiat buah tomat baik untuk kesehatan mata. Kandungan anti oksidan betakaroten bertanggung jawab atas fungsi vitamin A. Dimana vitamin A ini bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan mata. Selain itu vitamin A yang tercukupi bisa mencegah rabun senja dan mengurangi degenerasi makula.

3. Melancarkan produksi ASI

ASI merupakan makanan eksklusif bagi bayi yang baru lahir. Dengan ASI yang tercukupi, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi akan normal. Produksi ASI dipengaruhi oleh senyawa likopen. Selain daun katuk yang dipercaya bisa melancarkan ASI, rupanya buah tomat juga mampu meningkatkan konsentrasi likopen ASI. Ibu yang sedang menyusui disarankan mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan termasuk tomat.

4. Sebagai menu diet

Manfaat tomat untuk diet sudah tidak menjadi rashasi lagi. Khasiat buah tomat dapat dijadikan sebagai menu diet. Untuk menyantapnya bisa disajikan dalam berbagai hidangan. Misalnya sebagai camilan salad, casserole, sandwich, dan jus. Tomat cocok sebagai menu diet karena mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh dan kaya air. Dengan demikian perut terasa kenyang tanpa ada timbunan lemak maupun kalori berlebih.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa saja. Gejala yang biasa dirasakan misalnya pusing, lemah,berat untuk beraktifitas. Lebih parahnya lagi hipertensi beresiko terkena serangan stroke. Khasiat buah tomat bisa mencegah serangan tekanan darah tinggi. Buah kaya akan vitamin ini melancarkan aliran darah dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Dengan demikian darah mengalir lancar dan kerja jantung berfungsi normal. Kandungan potasiumnya juga berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi disertai mengurangi makanan yang mengandung sodium.

manfaat dan khasiat buah tomat

6. Mengurangi rasa nyeri

Khasiat buah tomat dapat mengurangi rasa nyeri akibat arthritis dan nyeri punggung. Kandungan bioflavonoid, karotenoid, dan zat anti inflamasi ini efektif mengurangi peradangan. Selain pada nyeri punggung dan arthritis, buah tomat juga bisa dijadikan obat untuk penyakit kronis. Karena dalam buah ini mengandung zat anti inflamasi.

7. Untuk mengurangi kulit berminyak

Masalah pada kulit seperti kulit berminyak menjadi dilema tersendiri. Pasalnya pada kulit yang berminyak memicu munculnya jerawat. Sebagai pencegahan bisa menggunakan buah tomat sebagai masker. Ya, manfaat tomat bagi wajah ini bisa mengurangi minyak. Komedo dan bakteri akan lenyap karena buah tomat mengandung zat anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.

Efek samping tomat bagi kesehatan

Meski tergolong buah tidak cukup bahaya, namun terlalu banyak makan buah tomat ternyata menjadikan buruk pada kesehatan. Berikut ini efek samping yang terjadi jika mengkonsumsi buah tomat secara berlebih :

Meningkatkan asam lambung

Buah tomat memiliki kandungan asam yang tidak cukup sedikit. Sehingga apabila mengkonsumsi terlalu banyak buah tomat, kadar asam dalam lambung akan meningkat. Ini akan merusakkan dinding esofagus pada tubuh.

Masalah pencernaan

Makan buah tomat secara berlebih juga dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan. Seperti, perut terasa sakit dan atau terdapatnya banyak gas dalam perut. Meski tidak cukup bahaya, namun ini akan sangat menggangu aktifitas anda.

Menurutkan imunitas tubuh

Sistem imunitas pada tubuh bisa menurun akibat terlalu banyak konsumsi tomat. Ini karena dalam buah tomat terkandung pigmen karotenoid atau dikenal dengan lycopene. Kandungan inilah yang menyebabkan sistem imun tubuh menurun jika banyak konsumsi tomat.

Membentuk batu ginjal

Terlalu sering makan tomat ternyata juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Akan tetapi bagi yang pernah menderita batu ginjal bukan berarti tidak boleh makan buah tomat. Yang penting adalah, konsumsi dalam batas wajar.

Memicu IBS “Irritable Bowel Syndrome”

Salah satu kandungan buah tomat yakni antioksidan likopen ternyata cukup bahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini bisa terjadi jika makan terlalu banyak. Selain dapat menyebabkan masalah pada usus, juga dapat menimbulkan masalah pada yang lain, seperti mual, mutah, diare, kembung dan lain sebagainya.

Nah, jika sudah mengetahui efek samping buah tomat. Maka, konsumsilah buah ini secara wajar. Tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit karena khasiat dan manfaat buah tomat begitu besar bagi kesehatan tubuh.

Demikian informasi manfaat buah tomat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *