manfaat buah pepaya bagi kesehatan

Khasiat Manfaat Buah Pepaya Serta Bahaya Bagi Tubuh

Posted on

7khasiat.com | Khasiat Manfaat Buah Pepaya Serta Bahaya Bagi Tubuh – Tanaman pepaya sering dijumpai hampir di setiap pekarangan warga. Tanaman ini mudah ditanam melalui bijinya. Tanaman bertulang daun menjari ini banyak manfaatnya, mulai dari akar, batang, daun dan buah. Namun rata- rata orang mengetahui bahwa mengkonsumsi pepaya dapat melancarkan buang air besar (BAB). Ternyata selain melancarkan BAB, manfaat buah pepaya juga baik untuk kesehatan terutama manfaat pepaya untuk ibu hamil.

Buah pepaya kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber 3, vitamin B, alfa, beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, dan antioksidan Lycopene.

manfaat buah pepaya bagi kesehatan

Manfaat dan khasiat buah pepaya untuk kesehatan

1. Sebagai enzim anti inflamasi

Enzim anti inflamasi yang terkandung dalam buah pepaya bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit pada penderita arthritis, osteoporosis, dan edama. Enzim ini juga efektif untuk mencegah kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat buah pepaya matang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, vitamin C dan senyawa betakaroten diperlukan tubuh sebagai sistem imun. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya maka terhindar dari serangan bakteri penyebab infeksi, pilek, flu, dan demam tinggi.

3. Untuk kesehatan tulang

Penderita patah tulang disarankan mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin K dalam buah ini bagus untuk pemulihan sakit tulang. Tulang akan menyerap banyak kalsium paska tindakan pengubahan protein matriks tulang.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitaminnya dibutuhkan jantung saat memompa darah. Resiko penyakit jantung dapat diminimalkan dengan meningkatkan asupan kalium dan menurunkan asupan natrium. Buah pepaya juga mengandung enzim yang bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol sehingga kadarnya tetap stabil.

5. Melancarkan proses pencernaan

Penderita yang mengalami susah buang air besar disarankan mengkonsumsi pepaya matang. Karena dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain. Enzim inilah yang berguna untuk membantu proses penyerapan air dalam usus. Tak hanya enzim papain, kandungan air dan serat dalam buah yang cukup tinggi bisa mencegah sembelit. Dengan demikian saluran pencernaan akan lancar.

6. Mengobati luka

Hasil penelitian menyebutkan bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam buah pepaya bisa bermanfaat seperti salep. Salep inilah yang berguna untuk mengobati luka kering atau ulkus dekubitus. Dengan mengoleskan tumbukan buah pepaya pada luka, maka infeksi di sekitar kulit bisa dihindari.

7. Makanan sehat untuk diet

Manfaat pepaya yang jarang diketahui adalah baik untuk diet. Hal ini mengacu pada hasil penelitian ahli, bahwa pepaya muda mempunyai enzim lebih banyak dibandingkan pepaya tua. Enzim inilah yang berfungsi untuk mengurangi protein, karbohidrat, dan lemak pada tubuh. Selain itu tubuh akan lebih optimal dalam membakar lemak. Dengan demikian tubuh lebih bertenaga dan lemak akan berkurang.

Efek samping buah pepaya

Efek samping buah pepaya

Selain memiliki banyak manfaat dan khasiat buah pepaya ternyata juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Ya, jika masih dalam konsumsi normal memang buah pepaya ini sangat bagus untuk nutrisi tubuh, namun jika berlebihan mengkonsumsinya maka kesehatan Anda akan sedikit terganggu. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, ternyata makan terlalu banyak pepaya bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini efek samping pepaya bagi kesehatan

Gangguan pernapasan

Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang sangat bermanfaat untuk menanganai gangguan pada pencernaan dan melawan peradangan pada tenggorokan. Enzim ini kerap disebut dengan papain. Nah, bagi mereka yang mudah terserang alergi, enzim papain ini bisa menyebabkan asma, sesak napas, demam, dan hidung tersumbat.

Perubahan warna kulit jadi lebih kuning

Buah pepaya, memiliki kandungan beta karoten. Salah satu kandungan yang membuat pepaya bisa berwarna oranye. Jika Anda terlalu banyak makan buah pepaya, maka akan menyebabkan perubahan warna kulit dalam kadar rendah yang disebut dengan karotenemia. Perubahan ini paling tampak pada telapak tangan dan telapak kaki. Memang perubahan ini tidak cukup bahaya, namun sebaiknya Anda mengurangi konsumsi buah pepaya.

Gangguan pencernaan

Buah pepaya memang bagus untuk melancarkan buang air besar atau sembelit. Namun, terlalu banyak konsumsi buah pepaya bisa menyebabkan sakit perut. Ini karena adanya kandungan enzim papain di dalamnya. Untuk itu, jika berencana untuk melancarkan percernaan, atur konsumsi secara wajar.

Pembentukan batu ginjal

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Zat ini bisa melindungi dari beragam penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah kanker. Jika Anda mengkonsum terlalu banyak buah pepaya, maka sama halnya Anda mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi. Jika ini terjadi, maka bisa mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung pembentukan batu ginjal.

Demikian khasiat dan manfaat buah pepaya serta efek samping dari buah pepaya. Meski makanan ini terbilang sehat, namun alangkah baiknya tidak mengkomsi berlebih agar bisa mendapatkan khasiat dan terhindar dari efek samping. Terimakasih.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *