Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Kecantikan dan Ibu Hamil

7khasiat.com | Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Kecantikan dan Ibu Hamil – Buah pir menjadi buah favorit di Tanah Air karena rasanya yang manis dan segar. Jika sudah masak, buah pir ini berwarna kuning dan berbintik kecoklatan. Buah ini sebenarnya berasal dari kawasan Eori barat. Namun, sekarang ini di negara Asia sudah tidak sulit untuk didapatkan lagi. Kandungan gizi buah pir sangat baik untuk dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, serat pangan, gula, protein, zat besi, magnesium, kalori, natrium, dan kalium serta karbohidrat.

Mengkonsumsi buah pir matang ukurang sedang, sama halnya sudah memenuhi 12% kebutuhan vitamin C harian, 10% vitamin K, 6% kalium dan jumlah yang lebih kecil dari kalsium, magnesium, vitamin B-6, zat besi, dan folat serta riboflavin.

Karena itu, buah pir yang menyegarkan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin. Agar, nutrisi yang diperlukan tubuh dapat dipenuhi dengan baik. Untuk mengetahui apa saja manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya :

manfaat buah pir untuk kesehatan

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Mencegah kanker

Hasil studi menyebutkan bahwa kandungan buah pir berupa serat sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan. Hal ini berimplikasi pada menurunnya penyakit jantung, kanker, diabetes, dan masalah obesitas. Serat- serat inilah yang berperan mengatasi sel karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh. Adapun bahaya karsinogenik yang bisa ditimbulkan adalah kanker usus besar, kanker payudara, dan lainnya.

Mencegah tulang keropos

Seseorang yang telah lanjut usia kerap mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Untuk mencegah pengeroposan tulang di masa tua, dianjurkan mengkonsumsi buah pir secara rutin. Kandungan serat dan senyawa penting lainnya berperan untuk mengontrol kestabilan pH tubuh, memenuhi nutrisi kalsium yang dibutuhkan tulang, dan memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Mengontrol kadar gula darah

Khasiat buah pir untuk mengontrol kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi buah pir sangat dianjurkan. Apalagi buah pir mempunyai indeks gliserin yang rendah sehingga tidak memicu kenaikan kadar gula.

Mencegah stroke

Stroke diakibatkan oleh pembuluh darah yang tersumbat kemudian pecah. Dalam sebuah jurnal American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kandungan buah pir yaitu flavonoid bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi 1 buah pir setiap harinya dapat mengurangi resiko stroke hingga 52%.

Anti radikal bebas

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas sangat berbahaya sekali untuk sel-sel tubuh kita. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus menjaganya. Nah, cara paling gampang mengatasi radikal bebas itu adalah dengan mengkonsumsi buah pir ini. Karena kandungan vitamin C, vitamin K dan tembaga yang terkandung dalam buah tip ini mampu melawan radikan bebas tersebut.

Mencegah penyakit jantung

Buah atau makanan yang memiliki kaya akan serat tinggi sangat baik untuk mengurangi resiko stroke. Sekitar kurang lebih 50%. Nah, buah pir memiliki kandungan kaya akan serat dan ini sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga akan memberikan perlindungan bagi jantung kita dan terhindar dari penyakit jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Memiliki kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci utama kita sehat. Karena, dengan memiliki kekebalan tubuh yang baik, penyakit atau virus dapat dicegahnya. Buah pir memiliki kandungan antioksidan yang bagus. Seperti vitamin A, C, dan tembaga. Dengan begitu, akan membantu mengingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan energi dalam tubuh

Salah satu kandungan buah pir yaitu glukosa, sangat berperan penting dalam tubuh kita untuk meningkatkan energi atau stamina tubuh ketika kita lemas. Proses penyerapan glukosa ini berlangsung cukup cepat oleh tubuh, dan mengkonversikannya menjadi energi atau stamina dalam tubuh.

manfaat buah tin untuk kecantikan

Manfaat buah pir untuk kecantikan

Mencegah kerusakan kulit

Memiliki kulit yang halus adalah dambaan setiap insan, khususnya wanita. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit halus dengan mudah ini adalah dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin. Seperti yang dikatakan berulang kali, buah pir memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga bisa mengontrol kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah. Dengan begitu bisa mencegah kerusakan kolagen akibat lonjakan gula darah yang tidak normal.

Mengobati jerawat

Jerawat pada wajah cukup mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan buah pir. Manfaat buah pir bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan bakteri penyebab jerawat, termasuk menangkal infeksi kulit dari dalam. Kandungan humektan alaminya membantu menyeimbangkan kandungan air dalam kulit, sehingga kulit tetap lembab.

Mencegah penuaan dini

Salah satu hal yang bisa menyebabkan sel-sel kulit rusak adalah efek radikan bebas. Nah, dengan mengkonsumsi buah pir setiap hari akan mencegah penuaan dini. Karena dalam buah pir memiliki kandungan vitamin C, vitam K, dan tembaga yang berperan aktif menangkal radikal bebas. Dengan begitu, akan membatasi pembentukan garis halus yang nampak disekitar mata dan bibir.

Mengatasi wajah berminyak

Memiliki wajah berminyak memang sedikit menjengkelkan. Menjadikan penampilan kurang menarik. Sebenarnya mengatasi wajah berminyak ini cukup gampang, terutama dengan buah pir. Ya, Anda bisa menggunakan buah pir dicampur dengan madu sebagai masker wajah. Lakukan setiap seminggu tiga kali. Dengan begitu seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada pada kulit akan teratasi.

Baik untuk pelembab kulit

Selain dapat digunakan untuk mengatasi wajah berminya, buah pir juga bagus untuk pelembab kulit yang kering. Kandunga buah pir yaitu humectants mampu menyeimbangkan air dan senyawa alami yang peperan penting untuk melembabkan kulit. Untuk caranya cukup gampang yaitu dengan membuat buah pir ini sebagai jus, dan konsumsi secara rutin.

Baik untuk perawatan bibir

Buah pir memiliki kandungan asam laktat yang cukup banyak. Kandungan senyawa ini memiliki peran aktif menjaga sel-sel bibir agar tetap sehat dan terhindar dari kering-kering yang lama. Jadi, kesimpulannya jika ingin mendapatkan bibir yang lembut dan halus konsumsi buah pir ini. Bisa Anda jadikan sebagai jus.

Baik untuk perawatan rambut

Manfaat buah pir untuk perawatan rambut sudah tidak menjadi rahasia lagi. Buah ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk rambut. Seperti contoh kandungan sorbitol dan glusitol yang sangat baik untuk menjaga kulit kepala, menjadikan rambut lembab dan sehat, serta memberi makan akan rambut.

Selain itu, buah pir juga mampu mengurangi rambung keriting. Ini karena kandungan vitamin C yang bertindak sebagai  antioksidan mampu membantu menjaga sel-sel rambut dan menjadikan rambut halus. Buah pir juga dapat mengembalikan rambut yang kusam.

manfaat buah tin untuk ibu hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Nutrisi bagi ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asam folat yang cukup agar bayi tidak mengalami cacat. Asam folat bisa dipenuhi dari mengkonsumsi susu, sayur, dan buah- buahan termasuk  pir. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat tersebut bisa merutinkan mengkonsumsi buah pir. Selain itu kebutuhan vitamin lainnya juga akan tercukupi.

Mencegah cacat lahir

Buah pir memiliki kandungan asam folat yang sangat penting untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi ini berperan menjaga agar bayi tetap aman dan terhindar dari cacat lahir. Selain itu, buah pir juga memiliki nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Untuk mendapatkan hasil yang baik, konsumsilah secara rutin namun tetap dengan panduan dokter kehamilan Anda

Untuk menyapih anak

Manfaat buah pir dapat digunakan untuk menyapih anak. Kandungan hypoallergenic dalam buah pir efektif untuk anak yang akan disapih. Meskipun rasa buahnya yang sedikit asam, namun tidak menimbulkan masalah pada pencernaan. Yang perlu diperhatikan adalah tidak memberikan buah pir pada anak yang sedang mengalami diare. Untuk menyapih anak, buah pir dikupas, dipanaskan, dan dijadikan bubur.

Efek samping buah pir

Meski buah ini tergolong buah yang tidak berbahaya, namun Anda harus mewaspadainya apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Buah ini memiliki kandungan fruktosa dalam jumlah tinggi. Bahaya makan buah pir bagi Anda yang melakukan diet tinggi FODMAP (Difermentasi, oligo, Di dan Mono sakirida dan Polyols) dapat mejadikan perut kembung, meningkatkan gas, dan diare bagi penderita iritasi usus besar.

Jadi, pastikan Anda mengkonsumsi buah ini secara benar. Artinya, tidak mengkonsumsi secara berlebih dan menghindari jika memiliki gejala yang mudah terpicu oleh kandungan nutrisi yang ada pada buah pir ini. Pastikan selalu konsultasi dengan dokter Anda.

Demikian informasi manfaat buah pir untuk kesehatan, kecantikan, dan ibu hamil serta kandungan gizi buah pir dan efek samping buah pir. Semoga ulasan di atas bisa dimengeri dan difahami. Terimakasih. Sehat dimulai dari kita. ^_^