Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah yang Jarang Orang Tahu

7khasiat.com | Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah yang Jarang Orang Tahu – Sirih merah merupakan tanaman merambat yang berasal dari Sulawesi. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Piper ornatum. Ternyata masih satu family dengan sirih hijau dan lada. Sirih merah mempunyai segudang manfaat terutama pada daunnya. Sejak zaman dahulu daun sirih merah dijadikan bahan obat tradisional. Yang paling familiar khasiat daun sirih merah ini adalah untuk mencegah pendarahan ringan pada hidung atau sering disebut mimisan.

Daun sirih merah memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh seseorang. Zat-zat yang ada dalam daun sirih merah ini seperti Eugenol, Polifenol, Alkaloid, Allyprokatekol, Saponin, Karvanol, Minyak asiri, Flavonoid bersifat anti kanker, Karvanol sebagai desinfektan, Tanin bersifat anti kanker, Polevonolad, Penil propada dan masih banyak lagi.

khasiat daun sirih merah

 

Berikut ini adalah khasiat dan manfaat daun sirih merah

Mengatasi mimisan

Khasiat daun sirih merah berguna untuk mengatasi mimisan. Hal ini karena pada daunnya mengandung fenil popada dan terpen yang efektif menghentikan darah keluar saat mimisan. Caranya ambil 1 lembar daun sirih merah kemudian gulung. Sumbatkan ke dalam hidung yang mengeluarkan darah.

Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang mengganggu area mulut. Gejalanya bermacam- macam seperti bibir pecah- pecah, luka putih hingga memerah, gusi bengkak, dan bau mulut. Kandungan daun sirih merah seperti vitamin C dan zat antiseptik mampu membasmi kuman penyebab sariawan. Caranya kunyah 1 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan. Tunggu hingga 10 menit dan keluarkan. Lakukan secara rutin.

Mengobati luka bakar ringan

Khasiat daun sirih merah berguna untuk mengobati luka luar seperti luka bakar ringan. Bekas luka akan mengering setelah diolesi tumbukan daun sirih merah. Hal ini karena kandungan daun sirih merah berupa senyawa alkaloid, anti oksidan, dan vitamin C mendorong untuk membentuk jaringan kulit baru menggantikan sel rusak karena luka.

Mengurangi mata merah

Mata menjadi memerah dan gatal karena terkena kotoran. Gejala ini sering disebut iritasi. Senyawa alkaloid, anti bakteri, dan anti radang pada daun sirih merah akan bekerja sama mengurangi iritasi tersebut. Sehingga kemerahan mata berkurang dan kembali normal.

Mengobati gusi berdarah

Pendarahan pada gusi banyak penyebabnya. Misalnya karena kuman, akar gigi tertinggal, atau karena luka. Khasiat daun sirih merah terbukti mampu meredakan peradangan pada gusi. Kandungan saponin, tanin, mineral kalsium dan forfor secara efektik mengurangi peradangan dan menghentikan pendarahan.

Mengobati bronkitis

Penyakit bronkitis menyerang saluran pernafasan. Gejalanya seperti demam tinggi dalam waktu lama, batuk, dan sesak nafas. Senyawa tanin pada daun sirih merah bisa menyembuhkan gejala bronkitis tersebut. Penderita dianjurkan secara rutin meminum rebusan daun sirih merah untuk kesembuhan.

Mengobati sakit maag

Penyakit maag bisa menyerang siapa saja. Penyebab utamanya adalah kandungan asam lambung yang tinggi sehingga melukai dinding lambung. Penderita akan merasa perih karena luka tersebut. Kandungan terpennoid dan klavikol dalam daun mampu menetralisir asam lambung dan mengeringkan luka sehingga maag bisa sembuh.

Mengobati tekanan darah tinggi

Daun sirih merah dipercaya bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi. Kandungan minyak atsiri dan fenolnya mampu menstabilkan tekanan darah. Sehingga tekanan darah penderita kembali normal dengan meminum rebusan daun sirih merah.