manfaat timun untuk wajah

Manfaat Timun Untuk Wajah Caktik Alami dan Mata Kita

Posted on

7khasiat.comManfaat Timun Untuk Wajah dan Mata – Buah timun, mentimun, atau ketimun adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Buah yang sering kita jumpai sebagai lalapan ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah. Sama halnya dengan manfaat bengkoang untuk wajah yang diterbukti khasiatnya. Memang ini sudah tidak menjadi rahasia lagi. Banyak wanita diluar sana yang menggunakan mesker timun setiap hari untuk mendapatkan wajah cantik alami.

Jika dilihat dari kandungan gizi timun, memang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Misalnya seperti kandungan air yang cukup tinggi dapat menjadikan kulit segar, mengatasi dehidrasi kulit, melembutkan serta mengatasi kulit pecah-pecah. Selain itu ada kandungan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang masing-masing manfaatnya mampu mencegah anti oksidan kulit, meningkatkan kualitas peredaran darah, dan membantu pembentukan kolagen unttuk menangkal radikal bebas.

Ada juga kandungan biotin yang dapat memelihara kulit, sehingga kulit akan terhindar dari iritasi, eksim, dan infeksi jamur. Satu lagi kandungan timun yang cukup penting adalah potasium. Dimana kekurangan nutrisi ini maka kondisi kulit akan kering dan kusam. Nah, melihat begitu banyak manfaat timun untuk wajah, maka berikut akan kami ulasan apa saja manfaat timun untuk wajah dan mata.

manfaat timun untuk wajah

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah dan Mata

Menyamarkan Bintik atau Flek Hitam

Khasiat buah mentimun untuk wajah yang pertama adalah mampu menyamarkan bintik hitam atau flek hitam pada kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Ya, adanya bintik hitam pada wajah tentu akan menjadikan penampilan kurang mempesona dan menjadikan kita kurang percaya diri. Nah, dengan memanfaatkan buah ketimun ini, flek hitam atau bintik hitam pada kulit akan tersamarkan. Sehingga kulit akan cerah alami. Ini sebab dalam buah timun terkandung nutrisi yang mampu menghilangkan flek hitam tersebut.

Cara mengaplikasikan buah timun untuk menyamarkan flek hitam atau bintik hitam adalah dengan menjadikan masker. Ambil 1-2 buah timun, cuci bersih dan haluskan (bisa juga dengan memarutnya). Setelah itu campurkan sedikit air, kalau bisa air mawar dan oleskan pada bagian flek hitam atau bintik hitam. Diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin.

Mengencangkan Pori-pori wajah

Memiliki wajah berjerawat tentu akan menggangu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika aktivitas tersebut harus berhadapan dengan orang banyak. Bagaimana tidak, secara langsung percaya diri akan menurun 50% akibat adanya jerawat pada wajah. Tahukah kamu, jika salah satu penyebab wajah berjerawat adalah pori-pori mengendor, akibatkanya kotoran bisa masuk dan menyumbat pada pori-pori. Nah, buah timun memiliki khasiat dapat mengencangkan pori-pori wajah. Sehingga pori-pori akan merapat kembali dan kotoran sulit untuk masuk.

Cara membuat masker timun untuk mengencangkan pori-pori cukup gampang. Haluskan timun terlibuh dahulu. Setelah itu, campurkan dengan gel lidah buaya, tomat, perasan lemon, dan putih telur. Jika sudah teraduk rata, oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 15-20 menit. Terkahir cuci bersih dan keringkan dengan handuk halus. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Mengurangi Minyak Berlebih pada Wajah

Minyak berlebih pada wajah juga bisa menimbulkan wajah jerawat dan terlihat kusam. Untuk mengatasi wajah berminyak lebih bisa menggunakan buah mentimun ini. Kandungan buah mentium mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Sehingga wajah akan tetap bersih, cerah bersinar. Cara mengaplikasikan manfaat timun untuk wajah berminyak adalah sama seperti langkah-langkah sebelumnya yaitu menjadikannya sebagai masker wajah. Memang disini membutuhkan waktu cukup lama. Meski demikian, hasilnya akan memuaskan. Untuk itu perlu melakukannya secara rutin. Setidaknya satu minggu sekali.

Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Kulit wajah yang kering bisa menyebabkan gampang iritasi. Selain itu juga mudahnya terbakar sinar matahari. Buah timun dapat dijadikan sebagai pelembab wajah, dimana seperti yang kita ketahui kandungan air dalam buah mentimun cukuplah tinggi. Cara membuat masker timun untuk wajah kering yaitu dengan menghaluskan buah timun kemudian campurkan satu sendok makan madu dan oats. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Terakhir cuci bersih dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 3 kali dalam satu minggu.

Meremajakan Kulit Wajah

Memiliki wajah cantik, mulus, dan awet muda adalah dambaan setiap orang. Terlebih bagi kaum hawa. Untuk mendapatkan wajah mulus awet muda bisa memanfaatkan buah mentimun. Ya, dari pada menggunakan produk-produk bahan kimia yang tentu memiliki efek samping, alangkah baiknya menggunakan buah timun ini. Disamping tidak mengeluarkan duit cukup banyak, efek samping yang ada tidaklah cukup beresiko.

Cara menggunakan buah timun untuk meremajakan kulit wajah tidak jauh beda dengan cara-cara di atas, yaitu menjadikannya sebagai masker. Pertama haluskan buah mentimun, kemudian tambahkan madu 2 sendok atau secukupnya. Setelah itu oleskan pada permukaan wajah secara merata. Diamkan kurang lebih 40 menit lalu cuci bersih dengan air dingin. Kenapa harus dengan madu ? Karena manfaat madu untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Lakukan secara rutin.

Mencerahkan Wajah Kusam

Buah mentimun juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya tinggal ambil beberapa buah timun kemudian haluskan dengan blender atau bisa dengan diparut. Setelah itu campurkan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon, lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah kecuali mata dan bibir. Biarkan selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu cuci bersih dengan air dingin. Selain dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam, cara ini juga dapat menjadikan kulit wajah kembali fresh.

Mengatasi Iritasi Kulit Terbakar oleh Paparan Sinar Matahari

Bagi kamu yang sering aktivitas outdoor, panas-panas di luar tentu kulit wajah akan merasakan iritasi atau terbakar akibat terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut cukuplah gampang, gunakan masker mentimun dengan campuran madu dan tomat. Ya, buatlah masker mentium dengan cara menghaluskan timun, kemudian campurkan dengan 1 sdm madu dan 4 sdm jus tomat. Setelah itu oleskan pada bagian wajah secara merata. Biarkan selama kurang lebih 35 menit dan rasakan sensasi fresh pada kulit. Terakhir bilas hingga bersih dengan air dingin.

Mengatasi Kulit Wajah Sensitif

Memiliki wajah yang sensitif cukuplah membingungkan. Suka tidak cocok dengan segala macam perawatan. Akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat, kering, dan komedo. Untuk mengatasi wajah sensitif bisa mencoba dengan masker mintimun. Caranya, haluskan buah timun dan buah apel, kemudian campurkan dengan 1 sdm oats. Aduk hingga rata selanjutnya oleskan pada wajah. Biarkan kurang lebih selama 25 menit. Terkahir cuci bersih dengan air dingin.

 Menghilangkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Lingkaran hitam yang timbul disekitar mata disebabkan karena kurangnya tidur atau istirahat. Adanya lingkaran hitam ini tentu menjadikan penampilan kurang menawan dan mempesona. Kamu bisa menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata tersebut dengan mudah yaitu dengan memanfaatkan buah timun. Caranya tidak lagi menjadikan masker namun cukup potong tipis mentimun berbentuk lingkarang. Setelah itu tempelkan pada mata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit sambil rasakan sensasi adem pada mata. Terkahir bilas dengan air bersih.

Mengatasi Bengkak Pada Kantung Mata

Kantung mata yang bengkak tentu sangat mengganggu penglihatan. Untuk mengatasi bengkak pada kantung mata bisa menggunakan buah mentimun. Buah mentimun ini telah mengandung asam askorbat. Dimana ini dapat mengurangi retensi kandungan air sehingga pembengkakan pada kantung mata akan terkurangi. Caranya cukup potong tipis mentimun berbentuk lingkarang. Kemudian tempelkan pada mata dan biarkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

Efek Samping Masker Timun Untuk Wajah

Meski buah timun tidak tergolong dalam buah bahaya, namun jangan salah ya, buah ini juga memiliki efek samping. Terlebih jika diaplikasikan secara berlebih. Efek samping yang bisa timbul dari masker timun adalah rasa gatal. Ini disebabkan karena reaksi alergi. Jika diteruskan maka akan menjadi ruam dan kemerahan hingga terjadi hives yang menimbulkan lecet.

Efek samping yang bisa terjadi lainnya adalah dapat memicu pertumbuhan radikal bebas, karena tingginya vitamin  pada mentimun. Memang, vitamin ini sangat baik untuk kulit namun jika berlebihan akan bertindak sebagai pro oksidan yang bisa melawan sifat anti oksidatif bawaan. Sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan dan penyebaran dari radikal bebas. Jika ini terjadi, maka resiko yang ada seperti kanker, penuaan diri dan timbul jerawat.

Masih ada banyak lagi efek samping masker timun untuk wajah. Seperti menyebabkan ruam, hipersensitivitas, kulit kering, dll. Namun, selama dalam pemakaian batas wajar, efek samping ini tidak akan terjadi. Untuk itu lakukan secara teratur dan jangan berlebihan. Segera hentikan jika terjadi sesuatu hal buruk dan segera konsultasikan pada dokter kulit langganan.

Demikian informasi manfaat masker timun untuk wajah cantik dan mata. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadikan wajah kamu cantik mempesona. Selain dengan buah timun, Anda bisa mencoba manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan. Terimaksih.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *