11 Manfaat Air Beras Untuk Wajah dan Rambut serta Cara Membuat Masker

7khasiat.com | Manfaat Air Beras Untuk Wajah dan Rambut – Air beras atau air cucian beras ternyata memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perawatan kulit dan rambut. Ini sebab dalam butiran beras terkandung asam ferulic. Dimana asam ini adalah antioksidan yang kaya akan manfaat. Selain itu juga terdapat kandungan allantoin yang merupakan sifat anti inflamasi. Tak cukup sampai situ, dalam butiran beras juga terkandung  vitamin B1, E, C, dan mineral. Nah, kandungan-kandungan inilah yang membuat air cucian beras sangat baik untuk perawatan wajah. Dimana mampu mengencilkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan melembutkan kulit.

Manfaat endapan air cucian beras sebagai perawatan wajah sangat direkomendasikan, ketimbang dengan bahan-bahan kimia yang belum tentu hasilnya dan efek sampingnya kelak. Disamping itu, cara membuat masker air beras untuk perawatan kulit wajah sangat gampang. Terlebih lagi mendapatkan air cucian beras juga mudah, bahkan setiap hari pasti Anda menemukannya. Penasaran apa saja manfaat air cucian beras untuk wajah dan rambut Anda. Langsung saja, berikut manfaat air beras untuk rambut dan wajah.

Manfaat air beras untuk wajah

Manfaat Air Beras Untuk Wajah dan Rambut

Manfaat Air Beras Untuk Wajah

Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Adanya flek hitam pada wajah, memang menjadikan penampilan kurang mempesona. Menjadikan kurang percaya diri dalam setiap langkah. Akhirnya, aktivitas jadi terganggu. Kebanyakan orang pasti langsung mencari cream kimia penghilang flek hitam, yang belum tahu hasilnya dan tidak mempertimbangkan efeksamping. Mulai sekarang hentikan. Anda bisa menggunakan air beras. Air cucian beras mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Ini sebab dalam air cucian beras terkandung nutrisi dan protein yang mampu menghilangkan flek hitam, dan mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Membersihkan Wajah Kusam dan Kotor

Aktivitas out door di bawah terik matahari dan debu-debu, menjadikan wajah terlihat kusam dan kotor. Jika dibiarkan hari demi hari, maka akan menjadikan penampilan kurang oke. Anda sebenarnya bisa memanfaatkan air cucian beras ini untuk membersihkannya. Dengan cara cukup mencuci muka dengan air beras.

Ya, langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengambil beras secukupnya, kemudian cuci dengan air. Untuk cucian pertama jangan lama-lama. Setelah itu buang air bilasan pertama. Kemudian masukkan air baru pada beras, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, ambil air cucian beras dan basuhkan pada wajah. Lakukan berulang-ulang sambil memijat-mijat wajah Anda. Jangan lupa bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Sambil menepuk-nepuk wajah.

Mengatasi Jerawat dan Minyak

Salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah adalah karena minyak berlebih. Ya, wajah yang memiliki minyak berlebih dapat menjadikan wajah kusam dan timbul jerawat. Ini disebabkan banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada wajah, akhirnya pori-pori wajah tersumbat dan muncul jerawat. Anda bisa mengatasi jerawat dan minyak berlebih pada wajah ini dengan air cucian beras. Yaitu dengan cara rutin mencuci wajah dengan air cucian beras.

Mencerahkan Kulit Wajah Yang Kusam

Manfaat air cucian beras juga dapat untuk mencerahkan kulit wajah. Bahkan, pernah disebutkan khasiatnya hampir sama dengan susu yang disampur minyak zaitun. Ada nutrisi dan protein penting dalam air beras untuk memutihkan kulit dan wajah. Anda bisa mendapatkan ini dengan cara menjadikan air cucian beras sebagai treatment wajah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil air cucian beras yang kedua. Kemudian taruh pada wadah dan biarkan selama semalan hingga mendapatkan endapan air beras. Nah, gunakan endapan beras yang seperti tepung itu sebagai scrub wajah. Diamkan beberapa menit hingga kering, dan bilas dengan air bersih.

Melembabkan Kulit Kering

Aktivitas dibawah terik matahari, bisa menyebabkan kulit kering. Alhasil, kulit terasa kasar dan bersisik. Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa dengan memperbanyak minum air mineral dan menggunakan air cucian beras sebagai penghidrasi kulit. Air beras memiliki kandungan yang mampu menjaga kelembapan kulit serta menjaga elastisitas kulit. Cukup dengan membasuh atau mengoleskan air cucian beras pada kulit, maka kulit akan terasa fresh dan melembab.

Mengecilkan Pori-Pori Kulit dan Mengatasi Komedo

Manfaat air beras untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengecilkan pori-pori kulit. Perlu Anda ketahui, salah satu faktor yang menjadikan wajah gampang berminyak, timbul komedo, dan tampak kasar adalah pori-pori kulit yang besar. Salah satu cara alami yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan air cucian beras ini. Disamping mudah mendapatkannya, juga terhindar dari efek bahan-bahan kimia. Lakukan perawatan dengan air cucian beras ini secara rutin, dengan begitu komedo pada wajah akan teratasi.

Meremajakan Kulit dan Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Memiliki wajah yang awet muda adalah dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga keremajaan wajah. Bahkan, rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli cream kimia yang pasti memiliki efek samping. Sebenarnya ada cara cukup mudah mencegah penuaan dini pada wajah. Yaitu dengan melakukan perawatan rutin dengan air cucian beras. Air beras mampu mengangkat sel-sel kulit mati, dan memudarkan tampilan garis lurus atau kerutan pada wajah. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat tetap awet mudah dan fresh menyegarkan.

Manfaat Air Beras Untuk Rambut

Mencegah Ketombe dan Kutu Rambut

Salah satu penyebab rasa sering gatal pada kulit kepala adalah karena banyaknya ketombe. Cara mengatasi ketombe yang membandel bisa dengan air cucian beras. Selain dapat mencegah ketombe, air beras juga mampu menghilangkan kutu rambut. Dari pada menggunakan bahan kimia yang memiliki efek samping berat, alangkah baiknya menggunakan air cucian beras alami ini.

Melembabkan dan Menjaga Rambut Tetap Kilau

Memiliki rambut yang kering dan kusam tentulah tidak nyaman. Menjadikan penampilan kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, cukuplah dengan air cucian beras. Air beras dapat melembabkan rambut berkepanjangan. Selain itu juga dapat menjaga kilau rambut tetap awet. Ini karena dalam air cucian beras terkandung nutrisi dan protein yang sangat baik untuk perawatan rambut kering dan kusam.

Mencegah Kerontokan dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat air cucian beras untuk rambut selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mencegah kerontokan sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut. Siapa sih yang ingin rambutnya terus berkurang. Apalagi sampai terjadi kebotakan. Nah, salah satu cara yang paling simple dan alami adalah dengan memanfaatkan air cucian rambut ini. Gunakan secara rutin dan dapatkan rambut yang lebat dan kuat.

Mengatasi Rambut Bercabang

Kerusakan pada rambut seperti rambut bercabang tentu tidaklah diinginkan. Salah satu faktor bisa terjadi masalah demikian adalah karena kurangnya nutrisi rambut. Air cucian beras memiliki nutrisi penting untuk rambut. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut bercabang. Gunakan air cucian beras untuk keramas secara rutin, dengan begitu rambut bercabang tidaklah terjadi lagi.

Cara membuat masker air beras

Cara Membuat Masker Air Beras Untuk Wajah Cantik Alami

Setelah mengetahui manfaat air beras untuk wajah dan rambut, sekarang adalah cara yang benar bagaimana cuci muka dengan air cucian beras. Sebelum melangkah sampai ke situ. Perlu diketahui, sebaiknya beras yang digunakan untuk perawatan wajah dan rambut ini adalah beras organik. Jangan gunakan beras-beras yang sudah dalam kemasan. Biasanya, beras dalam kemasan tercampur dengan bahan kimia. Untuk itu cukup hati-hatilah memilih beras yang akan Anda gunakan untuk perawatan wajah ini.

Baik. Berikut cara simple cuci muka dengan air cucian beras.

Pertama, ambil beras secukupnya (bisa satu cangkir atau satu gelas). Taruh pada loyang atau tempat lain. Kemudian cuci sebentar saja serta dengan cepat. Perlunya untuk membuat kotoran dan debu pada beras. Setelah itu buang airnya.

Kedua, tuangkan lagi air pada beras tadi. Aduk-aduk dengan tangan, dan remas pelan-pelan. Setelah itu diamkan beberapa saat. Kurang lebih 30 menit. Agar nutrisi pada beras bisa keluar dan tercmpur pada air.

Keempat, ambil air rendaman beras tersebut dan gunakan untuk membasuh wajah. Sebelum membasuh wajah dengan air cucian beras. Terlebih dahulu basuh dengan air bersih. Sambil membasukan air cucian beras pada wajah, sambil pijat lembut dengan jari-jari kurang lebih selama 6 menit.

Kelima, bilas dengan air bersih dan keringkat dengan handuk halus sambil menepuk-nepuk kulit.

Selain menjadikan air beras sebagai basuhan wajah, bisa juga dijadikan sebagai masker. Caranya hampir sama, hanya saja perlu waktu lama untuk mengendapkan air cucian beras hingga mengental seperti tepung. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata seperti menggunakan masker wajah. Diamkan hingga kering dan basuh dengan air bersih.

Untuk langkah-langkah perawatan rambut dengan air cucian beras sama seperti tertera di atas. Oleskan pada rambut dan kulit rambut secara meratas, setelah itu bilas dengan air bersih.

Demikian informasi manfaat air beras untuk wajah dan rambut, serta cara mudah mencuci wajah dan rambut dengan air cucian beras. Semoga informasi di atas bermanfaat. Ingat ! Jangan melakukan secara berlebihan, karena bagaimanapun setiap tindakan yang berlebih pasti menimpulkan efek samping yang buruk. Lakukan saja secara rutin dan penuh sabar. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan khasiat luar biasa dari air cucian beras ini. Terimakasih