20 Manfaat Apel Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

7khasiat.com | 20 Manfaat Apel Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya – Apel atau Malus domestica merupakan jenis tanaman buah- buahan yang dapat tumbuh subur di wilayah yang udaranya lebih dingin. Awalnya tanaman apel dikembangkan di Asia Tengah. Namun saat ini apel berkembang pesat hampir di seluruh dunia. Buah apel  mengandung flavonoid, polifenol, vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, tiamin, riboflavin, piridoksin, dan senyawa lainnya. Tak heran jika khasiat buah apel baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Buah Apel

Buah apel memiliki kandungan gizi yang penting untuk tubuh. Salah satu kandungan buah apel yang cukup menarik adalah fitonutrien, anti oksidan flavonoid dan folifenol. Dalam 100 gram apel memiliki kandungan anti oksidan mencapai 5900 TE. Flavonoid yang ada di dalam apel adalah quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2.

Dalam buah apel berukuran sedang, memiliki kandungan 4 gram serat makanan. Ini dapat memenuhi 17% asupan serat harian. Pada takaran yang sama, apel mampu menyediakan 14% kebutuhan harian vitamin C. Dengan begitu, buah ini sangat baik dijadikan asupan keseharian.

Anti oksidan alami dalam bentuk vitamin C dan beta karotin juga terdapat dalam apel. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks seperti thianmin, riboflavin, dan pyridoksin. Apel juga mengandung fosfor, potasium, dan kalsium meski dalam jumlah sedikit.

Diterangkan buah apel bebas dari lemak sodium dan kolesterol, sehingga baik dikonsumsi tubuh.

manfaat buah apel dan efek samping buah apel

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika apel memiliki kaya akan manfaat bagi tubuh. Buah satu ini dapat menyehatkan tubuh serta nutrisi yang terkandung dapat mememnuhi kebutuhan tubuh. Berikut manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

1. Mencegah penyakit kanker

Buah apel mempunyai senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit kanker hingga 23 %. Sedangkan di dalam kulit apel mengandung senyawa triterpenoid yang bekerja untuk mensupport flavonoid. Keduanya berperan mencegah pertumbuhan sel kanker. Oleh sebab itu sebaiknya tidak membuang kulit buah apel saat hendak mengkonsumsinya. Kandungan serat dalam buah apel juga efektif mengusir kanker kolorektal. Penderita dianjurkan mengkonsumsi buah apel setiap hari.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Khasiat buah apel bisa menurunkan kadar kolesterol. Kandungan seratnya berperan dalam penyerapan kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) dan memproduksi lebih banyak kolesterol  baik HDL (High Density Lipoprotein).

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah apel mengandung anti oksidan yaitu flavonoid dan quercetin. Senyawa quercetin ini berperan sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang baik merupakan senjata utama untuk melawan bakteri dan virus yang masuk tubuh. Kandungan vitamin C dan serat dalam buah juga berperan sebagai zat anti inflamasi. Dengan demikian imunitas tubuh terjaga dengan baik.

4. Mengobati penyakit asma

Gejala asma bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak- anak hingga dewasa. Penyakit ini menggangu kerja dari paru- paru, akibatnya pernapasan menjadi sesak dan batuk- batuk. Gejala asma dapat diobati secara alami dengan rutin mengkonsumsi buah apel. Kandungan senyawa fitokimia dan polifenolnya membantu meringankan gejala asma dan melancarkan proses pernapasan.

5. Mengontrol gula darah

Khasiat buah apel berperan untuk mengontrol gula darah. Buah apel yang kaya akan serat larut dan pektin ini berfungsi untuk mengangkut gula dalam aliran darah dengan siklus lebih lambat. Dengan demikian kadar gula dalam darah dapat terkendali. Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang rutin makan buah apel akan kecil kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi apel.

6. Mencegah batu empedu

Batu empedu terbentuk karena adanya pengerasan kolesterol. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya dokter menyarankan agar penderita melakukan diet tinggi serat. Sehingga kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh bisa terkontrol.

7. Mencegah wasir

Wasir disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah karena adanya tekanan yang berlebih pada panggung dan dubur. Untuk meringankan sakit dan mengurangi pembengkakannya bisa dengan mengkonsumsi buah apel yang kaya akan serat.

Baca Juga !!!

25 Manfaat Buah Manggis Paling Ajaib Untuk Kesehatan

25 Manfaat Ciplukan Paling Ajaib Untuk Kesehatan

8. Baik untuk sistem pencernaan

Buah apel memiliki serat yang bagus untuk pencernaan. Hal ini karena serat dalam apel dapat menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah apel setiap hari, bisa dipastikan jauh dari bahaya penyakit pencernaan seperti diare dan konstipasi.

9. Obat diabetes

Manfaat buah apel juga dapat sebagai obat diabetes. Cara pengaplikasian buah apel sebagai obat diabetes ini cukuplah mudah. Ambil buah apel satu biji ukurang sedang dan sudah masak. Kemudian belah menjadi empat. Rebus dengan air 2-3 gelas dan diamkan hingga tersisa 1 gelas. Minum secara rutin dua kali sehari.

10. Bagus untuk kekuatan gigi

Mengkonsumsi buah apel dengan langsung menggit dan mengunyah ternyata sangat bagus untuk kesehatan gigi, mencegah gigi keropos dan dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Disamping itu, juga dapat merangsang produksi air liur dengan cepat.

11. Sebagai detokfikasi racun dalam hati

Manfaat buah apel untuk kesehatan selanjutnya adalah dapatnya mendetokfikasi racun dalam hati. Kandungan antioksidan dalam buah apel mampu mengeluarkan racun dalam hati. Sehingga kinerja hati semakin ringan. Hati merupakan protektor awal terhadap racun, untuk itu perlu untuk diperhatikan.

12. Mengatasi Sembelit

Buah apel kaya akan kandungan serat. Selain bagus untuk mengatasi diare, serat ini juga bagus untuk mengatasi sembelit alias melancarkan BAB. Serat yang masuk dalam tubuh, bekerja dengan baik menarik keluar air pada usus sehingga dapat bergerak dengan baik setiap hari. Serat juga dapat menyerap air yang berlebihan sehingga membantu dalam proses diare.

13. Mencegah Batu Empedu

Serat yang terkandung dalam buah apel juga bermanfaat untuk mencegah batu empedu. Batu empedu bisa terjadi karena adanya banyak kolesterol dalam empedu sehingga mengeras. Salah satu langkah baik yang bisa diambil adalah diet tinggi serat guna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

14. Mencegah Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh, sangatlah menggangu aktivitas. Buah apel mampu mencegah dehidrasi. Ini karena dalam buah apel terkandung air cukup banyak sekitar 85%. Jadi, ketika Anda mengalami dehidrasi tinggi bisa dicegah dengan konsumsi buah apel ini.

15. Mencegah dan Mengobati Asma

Gangguan pernafasan atau asma sangatlah mengkhawatirkan. Penyakit ini dapat menyerang semua umur, baik anak-anak ataupun usia dewasa. Alternatif mencegah atau mengobati penyakit ini adalah dengan buah apel. Bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadikannya sebagai jus.

16. Menyehatkan Mata

Khasiat buah apel selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata serta dapat mencegah berbagai masalah pada mata. Salah satu penyakit mata yang paling menakutkan adalah rabun senja, karena ini dapat mengurangi ketajaman fokus penglihatan. Memperbanyak konsumsi buah apel, dapat mencegah masalah tersebut.

17. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Salah satu kandungan buah apel ternyata baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya kulit tubuh saja, tetapi juga kulit pada wajah. Sehingga tak jarang banyak wanita yang menggunakan buah ini untuk menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

18. Mengembalikan Stamina Tubuh

Buah apel mengandung kalium dan enzim yang dapat mengembalikan stamina tubuh. Ini sangat bagus buat Anda yang memiliki aktivitas tinggi. Ketika Anda merasa kelelahan atau stress, maka asam laktat dalam tubuh akan meningkat akhirnya menggangu kinerja tubuh. Nah, kandungan kalium dan enzim inilah yang menormalkan kembali asam laktat tersebut.

19. Mencegah dan Mengobati Anemia

Anemia atau kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin sangatlah tidak mengenakkan. Untuk meningkatkan atau menstabilkan kekurangan hemoglobin ini adalah dengan menambah asupan zat besi. Nah, buah apel memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Jadi sangatlah bagus untuk mencegah dan mengobati anemia.

20. Mencegah Kanker Payudara

Buah apel sangatlah baik untuk menyehatkan payudara. Tak heran jika banyak wanita yang suka mengkonsumsi buah satu ini. Selain dapat menyehatkan, buah apel juga dapat mencegah terserangnya penyakit ganas kanker payudara.

Baca Juga !!!

Bahaya dan Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

99 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, Kehamilan, dan Kep#rk@saan Lelaki

Efek Samping Bahaya Buah Apel

Disamping memiliki banyak khasiat dan manfaat pada tubuh, apel juga memiliki efek samping buruk. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebih, tidak sesuai aturan. Berikut efek samping apel

Tidak Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah apel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi oleh penderita diabetes tentu sangatlah tidak baik, malah bisa memperburuk keadaan. Untuk itu hindari konsumsi buah apel jika Anda menderita penyakit diabetes.

Dapat Merusak Gigi

Kandungan asam dalam apel dapat merusak gigi, apalagi jika Anda terlalu lama mengunyahnya. Anda bisa mengkonsumsi apel dibarengi dengan susu atau keju. Dengan begitu, asam berlebih dalam apel akan terkurangi.

Bahaya Bagi Berat Badan

Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, apel yang dijadikan jus sangat berbahaya bagi berat pada apalagi gigi pada anak. Jus apel mengandung kalori cukup tinggi, dan ditemui beberapa kasus juga mengandung gula dan soda.

Demikian ulasan singkat manfaat dan khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh, serta efek samping dan kandungan gizi apel. Semoga informasi di atas bermanfaat. Terimakasih. Selain buah apel, sari apel yang diolah menjadi cuka apel juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Penasaran ? Ini dia manfaat cuka apel untuk wajah.