7 Manfaat dan Khasiat Ampuh Madu Untuk Ibu Hamil

7khasiat.com | 7 Manfaat dan Khasiat Ampuh Madu Untuk Ibu Hamil – Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan. Meski demikian sebagian wanita mengalami kondisi yang kurang menyenangkan saat hamil, misalnya mual, lemas, dan kurang fit. Sebagai bentuk penjagaan agar tubuh tetap prima adalah mengkonsumsi madu. Penelitian menyebutkan madu mengandung zat- zat yang dibutuhkan tubuh sehingga baik bagi ibu hamil.

manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil

Berikut ini manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil :

1. Mengatasi rasa mulas

Ibu hamil kerap mengalami rasa mulas. Rasa mulas ini terjadi karena hormon yang diproduksi selama hamil menyebabkan sphincter di antara kerongkongan dan lambung. Asam lambung akan naik ke kerongkongan sehingga terasa panas. Kondisi ini bisa terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya karena bayi sedang mendorong semua organ ke atas. Sehingga efeknya seperti mulas.

Manfaat madu untuk ibu hamil disini adalah untuk mengatasi rasa mulas tersebut. Ibu hamil dapat mengkonsumsi susu yang dicampur madu untuk menetralisir kelebihan asam. Selain susu bisa juga diganti dengan minuman hangat lainnya.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh saat hamil

Masa kehamilan membuat sang ibu rentan terhadap berbagai jenis penyakit, misalnya flu. Bakteri dan kuman menyerang saluran pernapasan sehingga terjadi pembengkakan dan menghasilkan lendir. Kondisi ini mengganggu pernapasan. Manfaat madu untuk ibu hamil bisa sebagai pengobatan. Kandungan antibiotik mampu membunuh kuman dan bakteri. Sedangkan kandungan vitamin C nya membantu menjaga daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan hemoglobin

Ibu hamil perlu mempertahankan kondisi normal hemoglobin dalam darah. Salah satunya dengan mengkonsumsi madu. Kandungan madu seperti zat besi mampu memproduksi jumlah sel darah merah sehingga jumlah hemoglobin stabil. Jika kondisi ini terpenuhi maka ibu hamil terhindar dari anemia. Selain itu sebagai persiapan melahirkan, kondisi hemoglobin harus bagus agar tidak lemas saat proses melahirkan.

4. Mengurangi gejala morning sickness

Jelas morning sickness yang sering dialami ibu hamil seperti mual dan muntah. Kondisi ini biasa terjadi pada masa trimester pertama. Akibatnya ibu hamil mengalami penurunan berat badan, malnutrisi, komplikasi kesehatan, bahkan bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Manfaat madu untuk ibu hamil bisa mengurangi gejala mual dan muntah. Kandungan vitamin B1 atau Thiamin dalam madu mampu membantu oksidasi untuk mendapatkan energi sehingga tubuh tidak lemas. Sedangkan kandungan vitamin B7 atau Biotin dalam madu bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dengan demikian kondisi pencernaan normal.

5. Mengatasi insumnia pada ibu hamil

Ibu hamil kadang mengalami susah tidur atau insomnia. Jika gejala ini berlangsung terus menerus bisa menyebabkan tubuh kurang sehat. Gejala insomnia terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B6 atau piridoksin. Ternyata manfaat madu untuk ibu hamil dapat mengatasi gejala tersebut. Hal ini karena madu mengandung Vitamin B6 atau piridoksin untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

6. Mengobati maag

Khasiat madu untuk ibu hamil juga dapat digunakan untuk mengobati maag ketika hamil. Madu disini sebagai campuran ramuan yang telah dibuat. Ramuan tersebut yaitu olahan dari kunyit segar sebesar ibu jari sebanyak dua, ditambah dengan temu putih. Rebus dengan air sebanyak 500 cc hingga air berkurung setengahnya. Setelah itu tambahkan madu secukupnya, aduk hingga rata dan minum saat hangat. Sebagai catatan : Bunda harus mengetahui apakah itu mual atau maag.

7. Memperkuat kandungan ibu hamil

Selain khasiat madu untuk ibu hamil yang tersebut di atas, ternyata madu juga bermanfaat untuk kandungan ibu hamil. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat menjadikan kandungan semakin kuat. Selain itu, juga dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga akan sangat baik untuk mempersiapkan persalinan nanti.

Demikian manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat. Salah dari 7khasiat.com untuk para bunda-bunda yang sedang hamil. Semoga persalinan bunda dapat lancar tidak ada kendala. Selamat ibu dan shi bayi kecil. Terimakasih.