7 Manfaat Daun Seledri Paling Mujarab Untuk Kesehatan

7khasiat.com | 7 Manfaat Daun Seledri Paling Mujarab Untuk Kesehatan – Seledri atau nama Ilmiahnya Apium graveolens L. merupakan jenis sayuran sekaligus tumbuhan obat yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Di Indonesia, tanaman Seledri diperkenalkan oleh Penjajah Belanda. Kala itu sebagai penyedap sup dan lalapan. Di beberapa negara seperti Jepang, China dan Korea, Seledri diambil tangkai daunnya sebagai bahan makanan. Lain halnya di Eropa, semua bagian tumbuhan mulai daun, tangkai, buah dan umbinya dimanfaatkan.

Ternyata manfaat daun seledri tak hanya sebagai pelengkap masakan melainkan dapat digunakan sebagai bahan obat herbal. Hal ini karena daunnya mengandung senyawa folat, vitamin A, B1, B2, B6 dan vitamin C. Selain itu juga mengandung mineral magnesium, zat besi, kalsium, dan lainnya.

khasiat dan manfaat daun seledri

Berikut ini manfaat dan khasiat daun seledri untuk kesehatan:

Mengobati rematik

Rematik disebabkan karena kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam urat yang telah menumpuk pada persendian bisa mengkristal. Hal ini menyebabkan tubuh sulit digerakkan. Bahkan resiko terburuknya, penderita bisa mengalami kelumpuhan. Kandungan senyawa pada seledri bermanfaat untuk mengurangi rematik.

Mengatasi kulit berminyak

Ada beberapa jenis kulit pada manusia, salah satunya kulit berminyak. Rupanya jenis kulit ini menjadi masalah bagi para remaja. Selain tidak nyaman, kulit berminyak beresiko menimbulkan jerawat. Penyebab utama dari kulit berminyak adalah karena produksi hormon yang tinggi. Disini manfaat daun seledri mampu mengurangi kelebihan minyak pada wajah sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Menghilangkan jerawat

Munculnya jerawat sangat mengganggu penampilan. Pemicu utamanya adalah produksi hormon yang tidak seimbang. Selain menjaga kebersihan dari luar, ada baiknya mengatasi jerawat dari dalam. Misalnya dengan meminum rebusan daun seledri yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan daun selederi sebagai antiseptik mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sehingga jerawat yang meradang akan berkurang secara perlahan.

Mengobati mata kering

Mata yang terasa kering akan mudah lelah. Penyebab utamanya karena polusi udara atau terlalu lama menatap layar monitor. Mata kering juga menimbulkan rasa gatal penyebab iritasi. Gejala ini dapat diatasi dengan manfaat daun seledri. Zat antiseptiknya bekerja membersihkan kuman sehingga mata kembali normal.

Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat pembuluh darah. Jika hal ini terjadi akan memicu terjadinya penyakit berbahaya. Misalnya stroke, serangan jantung, dan penyakit syaraf. Sebagai pencegahan ada baiknya mengkonsumsi air rebusan seledri. Kandungan zatnya bermanfaat mengurangi kadar kolesterol sehingga kembali normal. Selain itu menjaga pola makan dan olah raga teratur dapat menunjang kesehatan tubuh.

Mengobati kanker

Kanker disebabkan pertumbuhan sel berbahaya yang tidak terkendali dalam tubuh. Zat antioksidan pada daun seledri mampu mencegah pertumbuhan dan menghambat sel tersebut. Bahkan kandungan zat aktifnya mampu mencegah aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor.

Mengobati batuk berdahak

Manfaat daun seledri ternyata juga dapat untuk mengobati batuk berdahak. Kandungan zat yang ada pada daun seledri sangat bermanfaat, terlebih lagi untuk pengobatan batuk. Caranya menggunakan daun seledri untuk mengobati batuk berdahak cukuplah simple. Rebus daun seledri secukupnya, kemudian minum air rebusan daun seledri tadi.

Selain khasiat daun seledri yang tersebut di atas, masih banyak lagi khasiat yang tersembunyi pada daun seledri ini. Seperti mengobati anemia, menjaga kulit tetap segar dan kencang, menurunkan tekanan darah tinggi, cocok untuk progam diet, mencegah asma, penambah nafsu makan, mencegah sembelit, menjaga kesehatan ginjal, dan masih banyak lagi.