9 Khasiat Manfaat Salak Untuk Kesehatan dan Efek Samping

7khasiat.com | 9 Khasiat Manfaat Salak Untuk Kesehatan dan Efek Samping – Salak atau dengan nama Latin Salacca zalacca merupakan jenis palma yang buahnya bisa dimakan. Buah salak juga disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Selain dapat dimakan segar, buah salak juga dikalengkan, dibuat asinan, manisan, bahkan dikemas sebagai keripik salak. Kebanyakan makan salak bisa menyebabkan kesulitan buang air besar. Namun buah salak juga berkhasiat untuk mengobati diare. Di Tiongkok, salak dijadikan sebagai bahan obat herbal.

Kandungan Gizi Salak Untuk Kesehatan

Salak, memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Antioksidan yang bagus untuk zat anti kanker alami

Dalam buah salah terdapat zat antioksidan yang mana bermanfaat untuk anti kanker alami.Zat antioksidan ini melakukan pemberantasan terhadap sel-sel kanker yang berkembangan dalam tubuh. Disamping itu juga menangkal radikal bebas dan anti imune pada tubuh.

Vitamin A untuk kesehatan mata

Salak dipercaya mampu menyehatkan mata jadi cemerlang. Ini karena dalam salak terkandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata. Menjaga mata tetap sehat dan terhindar dari rabun dan penyakit mata lainnya.

Zat besi sebagai obat anemia

Salak memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk mengontrol tekanan darah dan menormalkan kinerja darah. Mengkonsumsi salak dapat mencegah serta mengobati penyakit anemia dan pusing-pusing.

Asupan serat tubuh harian

Salak juga memiliki serat cukup tinggi dimana ini sangat bagus untuk tubuh. Dengan memenuhi asupan serat harian tubuh maka akan terhindar dari penyakit lambung dan usus. Sehingga tidak akan mudah terserang penyakit diare, sembelit atau BAB.

Zat kalium untuk stamina tubuh

Salak dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan dan menjaga stamina tubuh tetap vit dan bugar. Ini karena dalam salak terdapat kandungan zat kalium serta energi yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin C untuk mengobati panas dan sariawan

Rasa manis dan asam pada salak menyatakan buah ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk mencegah sariawan dan panas dalam. Salak merupakan sumber alternatif alami yang dapat memberikan asupan vitamin C pada tubuh.

manfaat salak untuk kesehatan dan ibu hamil

Khasiat dan Manfaat Salak Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat salak bagi kesehatan tubuh, dan ini sudah tidak menjadi rahasia lagi. Oleh karena itu banyak orang yang suka dengan buah rasa asam manis satu ini. Berikut manfaat dan khasiat salam bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Buah salak mengandung betakaroten yang berperan untuk menjaga kesehatan mata. Dari penelitian menyebutkan kandungan betakaroten buah salak 5,5 kali lebih besar dari buah mangga. Mata yang mendapatkan betakaroten cukup, akan sulit terjangkit dari penyakit mata misalnya rabun senja, iritasi, miopi, dan hipermetropi.

2. Meningkatkan kecerdasan otak

Khasiat buah salak baik untuk kecerdasan otak. Kandungan potasiumnya berperan untuk meningkatkan pengendalian detak jantung , meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi tubuh. dengan demikian tubuh tidak rentan terhadap penyakit pikun.

3. Mengobati kanker

Buah salak berkhasiat untuk mengobati kanker prostat. Hal ini berdasarkan penelitian ilmiah yang pernah dipublikasikan oleh jurnal Intregative Center Therapis. Kandungan buah salak berupa pektin berperan untuk mencegah dan mengobati kanker yang menyerang kaum pria.

4. Melancarkan pencernaan

Buah salak meskipun rasanya sepat namun berperan untuk melancarkan pencernaan. Kandungan betakaroten, tanin, dan mineral dalam buah ini berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan. Dengan demikian semua zat yang dicerna dapat diserap oleh usus halus. Kemudian sisa zat yang tidak diperlukan tubuh bisa dikeluarkan melalui feses.

5. Mencegah penuaan dini

Gejala penuaan dini dapat terlihat pada wajah. Mulai dari garis- garis kerut di bawah mata, keriput di pipi, dan beberapa flek hitam. Untuk mengatasinya dapat secara rutin mengkonsumsi buah salak. Kandungan vitamin C dan E nya dibutuhkan untuk menutrisi kulit.

6. Sebagai obat mual untuk ibu hamil

Ibu hamil kerap mengalami mual, apalagi di minggu pertama kehamilan. Untuk mengatasi morning sickness ini, buah salak berkhasiat sebagai penawar rasa mual.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh mudah terjangkit penyakit jika sistem kekebalan tubuh di dalamnya lemah. Ibaratnya, sistem kekebalan tubuh ini adalah tembok. Jika temboknya rapuh, bakteri dan virus mudah menggerogoti tubuh kapan saja. Untuk menjaga agar sistem imun tubuh bagus, disarankan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C termasuk buah salak.

8. Sebagai agen antioksidan

Senyawa antioksidan diperlukan tubuh karena berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Mengapa radikal bebas harus dilawan? Karena menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan dalam buah salak ini juga berperan untuk menutrisi kebutuhan jantung dan mencegah kanker pada janin dan ibu hamil.

9. Baik untuk Otak

Dalam salak terdapat kandungan yang disebut kalium dan pektin. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk menjaga otak tetap sehat. Maka tak heran banyak orang menyebutkan jika salak adalah salah satu buah yang bagus untuk otak.

Efek Samping atau Bahaya Buah Salak

Meski buah satu ini tergolong buah sehat, namun tetap memiliki efek samping atau bahaya bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja efek samping atau bahaya salak pada tubuh seseorang ? Berikut :

Bisa menyebabkan sembelit

Salak, memang dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Namun itu jika dikonsumsi tidak berlebihan. Nah, jika mengkonsumsi salak terlalu banyak malah bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Normalnya mengkonsumsi salak setiap hari adalah 4-5 buah saja. Untuk tipsnya, jangan terlalu bersih menghilankan kulit salak, karena kulit ari salak dapat mengatasi sembelit atau susah BAB.

Tidak baik untuk penderita maag

Jika Anda adalah seorang penderita maag atau memiliki penyakit maag, tidak disarankan untuk mengkonsumsi salak. Ini karena dalam buah salak terdapat kandungan yang bernama tannin. Kadungan tersebut dapat memperburuk usus yang luka karena buah satu ini tergolong buah susah dicerna.

Tidak baik untuk penderita tifus

Buah salak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Memang serat ini dapat mencukupi asupan tiap hari manusia. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan malah menyebabkan keburukan bagi kesehatan apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit tifus.

Demikian informasi singkat manfaat buah salak untuk kesehatan dan kandungan gizi salak serta efek samping atau bahaya salak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan bisa dijadikan bacaan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Terimakasih.