Efek Samping dan Khasiat Delima Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kulit

7khasiat.com | Efek Samping dan Khasiat Delima Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kulit – Buah delima atau dalam Bahasa Latinnya disebut Punica granatum  merupakan tanaman buah- buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 meter. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dapat tumbuh subur di tanah yang gembur dan tidak terendam air. Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias bahkan sebagai tanaman obat. Ada tiga jenis warna daging buah delima, misalnya merah, putih dan hijau. Di dalam buahnya mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Buah delima memiliki kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini kandungan gizi buah delima per 100 gram (3.5 oz).

  • Energi 346 kJ (83 kcal)
  • Karbohidrat 18,7 g
  • Gula 13.7 g
  • Diet serat 4,0 g
  • Lemak 1,2 g
  • Protein 1,7 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.07 mg (5%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,29 mg (2%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,38 mg (8%)
  • Vitamin B6 0,08 mg (6%)
  • Folat (Vit. B9) 38 mg (10%)
  • Vitamin C 10 mg (17%)
  • Kalsium 10 mg (1%)
  • Besi 0,30 mg (2%)
  • Magnesium 12 mg (3%)
  • Fosfor 36 mg (5%)
  • Kalium 236 mg (5%)
  • Seng 0,35 mg (3%)

khasiat delima untuk kesehatan ibu hamil dan kecantikan kulit

Khasiat Delima Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dari buah delima ini tentu pada penasaran apa saja sih manfaat buah delima untuk kesehatan. Ada banyak sekali manfaat delima bagi tubuh kita, dan tentunya menyangkut dengan kesehatan. Misal seperti menjaga kesehatan jantung, mengobati sekit perut, mencegah anemia dan masih banyak lagi. Berikut ulasan lengkap khasiat delima untuk kesehatan tubuh.

Mengurangi plak gigi

Plak gigi kerap membuat tidak nyaman misalnya bau mulut, gangguan saat mengunyah, dan membuat penampilan kurang sempurna. Kandungan buah delima seperti anti bakteri dan anti virus bisa mengurangi plak gigi. Selain itu membuat gigi lebih sehat, kuat, dan tidak keropos.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah delima dapat membuat aliran darah dari jantung ke pembuluh menjadi semakin lancar. Dengan demikian kerja jantung tidak terlalu berat. Hal ini membuat seseorang terhindar dari serangan jantung akut. Hal ini juga dibuktikan pada sebuah penelitian. Sebanyak 45 penderita jantung koroner diberikan jus delima selama 3 bulan. Hasilnya penyakit jantung yang diderita menjadi berkurang.

Mengobati sakit perut

Beberapa masalah perut diantaranya adalah diare, sakit lambung, maaf, dan sembelit. Penderita disarankan meminum jus buah delima untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan nutrisinya secara efektif membuat pencernaan semakin lancar dan membunuh bakteri penyebab diare.

Mencegah anemia

Gejala anemia disebabkan kekurangan sel darah merah. Adapun gejala anemia yang sering menyerang adalah kelelahan, pusing, tubuh lemas, kurang bersemangat, bahkan gangguan pendengaran. Manfaat buah delima disini dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dengan rutin mengkonsumsi buah delima maka penderita tercukupi kebutuhan hemoglobinnya.

Mencegah pengeroposan tulang

Pada usia lanjut, sejumlah orang mengalami gangguan pengeroposan tulang. Hal ini menyebabkan tubuh susah bergerak aktif. Adapun tulang keropos disebabkan adanya penebalan dan pengerasan pada dinding arteri, tulang rawan, dan sendi. Manfaat buah delima berperan mencegah penebalan tulang tersebut sehingga tulang tetap kompak.

Nutrisi anti aging

Gejala anti aging yang sering terlihat misalnya garis keriput pada wajah, garis lipatan di sekitar mata, dan kulit kusam. Kandungan buah delima bermanfaat untuk membuat regenerasi sel kulit, mencegah pigmentasi yang berlebihan, dan mengurangi bintik hitam.

Menyembuhkan luka

Manfaat buah delima yang jarang diketahui adalah mampu menyembuhkan luka. Nutrisi dalam buahnya membantu meregenerasi sel kulit di lapisan kulit epidermis dan lapisan dermis. Selain buahnya, biji delima juga kata nutrisi untuk melindungi kulit dari sinar matahari, menyembuhkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Khasiat Delima Untuk Kulit

Nah, selain baik untuk kesehatan, buah delima juga bermanfaat untuk kulit seperti mencegah penuaan, mempercepat penyembuhan luka, mengontrol minyak berlebih, melembabkan kulit, mencegah timbulnya jerawat dan masih banyak lagi. Berikut ulasan lengkapnya manfaat delima untuk kulit.

Mengencangkan kulit dan anti penuaan

Dalam dunia medis, buah delima dikenal sebagai sumber nutrisi yang bagus untuk kulit. Senyawanya mampu memproduksi fibroblas pada kolagen sehingga kulit semakin kencang, mencegah pembentukan garis kerutan, dan mengurangi bekas scar atau bopeng. Membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah terjadinya pigmentasi  berlebihan serta mencegah timbulnya bintik-bintik.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Khasiat delima juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka, membantu regenerasi sel-sel kulit pada lapisan epidermis dan dermis. Bahkan minyak delima yang mengandung banyak nutrisi mampu memperkuat dan regenerasi epidermis. Bermanfaat juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan kulit rusak.

Melembabkan kulit dan menjegah timbulnya jerawat

Delima yang dijadikan jus memiliki khasiat begitu besar. Salah satunya yaitu mampu melembabkan kulit kering. Molekul kecil dari delima ini mampu menembus juah ke dalam kulit dan memberikan kelembaban. Disamping itu, jus delima juga mampu mengontrol minyak pada wajah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Serta dapat mengontrol produksi sebum.

Khasiat delima untuk ibu hamil

Jangan salah, buah delima juga memiliki khasiat penting untuk ibu hamil lo.. buah satu ini sangat baik untuk perkembangan otak si buah hati. Selain itu juga dapat memberikan sistem imun pada ibu dan bayi. Untuk ulasan lengkap khasiat delima bagi ibu hamil, berikut ini.

Baik untuk perkembangan otak janin

Khasiat delima ternyata juga bagus untuk perkembangan otak janin. Ini sebabnya dalam delima terdapat kandungan asam folic atau asam fotat. Selain bagus untuk otak janin, asam folat ini juga baik untuk mencegah cacat otak atau cacat mental seperti spina bifida pada si bayi. Untuk itu, para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah delima ini.

Memberikan sistem imun pada ibu dan bayi

Buah delima memiliki kandungan vitamin C yang tentunya penting bagi ibu hamil dan si buah hati. Karena dapat dijadikannya sebagai sumber antioksidan yang bisa membentuk sistem imun semakin kebal. Vitamin C juga bagus dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi dan sangat penting dalam pembentukan darah bayi dalam perut.

Menghindari dehidrasi

Dehidrasi pada ibu hamil sangatlah tidak diperbolehkan. Ini karena si buah hati juga akan mengalami dehidrasi yang berakibat buruk. Untuk mengatasi dehidrasi tersebut, bisa memanfaatkan buah delima ini. Dalam delima terkandung natrium dan kalium yang mampu menyeimbangkan zat asam dan basa yang menyebabkan ibu hamil mudah mengalami dehidrasi.

Mencegah pendarahan saat proses melahirkan

Pendarahan berlebih saat proses melahirkan memang sangat tidak diharapkan oleh ibu hamil. Karena selain terlalu banyaknya kehilangan darah, pendarahan yang berlebih saat melahirkan bisa menyebabkan kematian. Buah delima mengandung zat besi cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengurangi resiko terjadinya pendarahan berlebih.

Membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi

Buah delima memiliki kandungan minerja cukup banyak seperti fosfor, kalsium dan lainnya. Kalsium dan fostor ini sangat baik untuk pembentukan jaringan yang keras seperti tulang, gigi, dan kuku lebih sempurna. Hal ini tentu sangat penting, agar tidak terjadi kelainan pada tulang dan gigi saat melahirkan.

Efek Samping Buah Delima

Selain memiliki banyak khasiat, ternyata delima juga mempunyai beberapa efek samping untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu ? Mari kita simak bahaya delima untuk kesehatan

Mengganggu kinerja metabolisme

Buah delima yang dijadikan jus ternyata memiliki efek buruk pada tubuh. Dapat menggangu kinerja enzim yang sangat vital bagi metabolisme. Apalagi jika anda mengkonsumsi bersaan dengan obat. Ini tidak disarankan sama sekali. Dalam sebuah penelitian diterangkan bahwa ada salah kandungan buah delima yang bisa memperburuk kesehatan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obat kimia.

Menyebabkan alergi

Memiliki gejala alergi pada buah-buahan khususnya delima memang tidak banyak orang, namun ini juga bisa terjadi pada anda jika memiliki gejala ini. Alergi yang bisa timbul dari makan delima ini adalah mual, gatal-gatal, mata merah, muntah dan mungkin sulit bernafas. Jadi tidak disarankan bagi anda yang memiliki alergi pada buah seperti ini untuk mengkonsumsinya. Lebih baik hindari saja. Akan tetapi, dalam buah delima terkandung vitamin C, dimana ini dapat meminimalisir terjadinya alergi.

Tidak baik untuk penderita diabetes

Sebaian orang beranggapan jika jus delima sangatlah baik untuk penderita diabetes. Sebenarnya ini malah keliru. Memorial Sloan Kettering Cancer Center menerangkan bahwa dalam jus delima memiliki kadar gula pada level moderat, apalagi yang sudah dikemas dan dijual dipasaran. Bagi para penderita diabetes harus hati-hati dalam mengkonsumsi jus delima ini.

Sangat mengagumkan bukan khasait buah delima untuk kesehatan, ibu hamil dan kecantikan kulit. Makanya jangan bosan-bosan untuk mengkonsumsi buah sati ini. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai berlebihan makan buah delima, karena akan menimbulkan beberapa efek samping yang buruk baik kesehatan. Salah satu diantaranya seperti yang tersebut di atas.

Untuk tips aman mengkonsumsi buah ini adalah dengan konsultasi dengan dokter spesialis langganan anda. Terimakasih.