Khasiat Daun Bidara yang Belum Banyak Diketahui

7khasiat.com | Khasiat Daun Bidara yang Belum Banyak Diketahui – Bidara merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang hidup di daerah kering. Daunnya disebut daun bidara atau widara. Ciri daun ini berbentuk bundar telur menjorong, tepinya rata dan sedikit menginggit, warnanya hijau mengkilap bagian atas, sedangkan tiga tulang daun utama membujur sejajar.

Khasiat daun bidara cukup banyak bagi kesehatan. Bahkan sejak zaman Rasulullah daun ini kerap digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di bawah ini beberapa khasiat daun bidara untuk pengobatan penyakit

manfaat dan khasiat daun bidara

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Begitu banyak manfaat daun bidara ini untuk kesehatan tubuh. Bahkan, Rasulullah pun sangat menyukai daun ini karena dapat menjaga badan tetap bugar dan memperkuat jasad. Berikut ini khasiat daun bidara kumpulan tips nya :

Mengobati flu

Kandungan antibakterial pada daun bidara mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Flu merupakan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.Sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat penyembuhan flu seperti pilek dan batuk. Selain flu biasa, sebagai antibakteri khasiat daun bidara juga mampu menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan virus.

Mengobati diabetes militus

Daun bidara mengandung glikemik yang sangat rendah. Glikemik adalah kandungan gula dalam suatu jenis pangan atau tanaman. Kandungan inilah yang mampu menghambat peningkatan kadar gula dalam darah. Sehingga daun bidara berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes militus tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

Mengobati luka dan memar

Khasiat daun bidara bisa menyembuhkan luka baru maupun luka lama. Hal ini karena daun bidara mengandung zat antiseptik. Pada zaman dahulu sebelum ditemukan obat kimia, orang menggunakan daun bidara sebagai obat herbal penyembuh luka. Cara kerjanya dengan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Khasiat daun bidara yang cukup unik adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Unsur penyusun tulang dan gigi adalah mineral kalsium. Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi supaya tidak rapuh bisa menggunakan daun bidara. Kandungan dari daun bidara mampu mencukupi unsur penyusunan tulang dan gigi tersebut.

Mengobati sakit perut atau maag

Penyakit maag disebabkan karena lambung terlalu banyak memproduksi asam. Sehingga asam dapat melukai lambung. Penderita maag akan merasa perih akibat luka lambung tersebut. Disini daun bidara berkhasiat untuk mengurangi keasaman lambung sehingga rasa perih dapat berkurang.

Mengobati sariawan, bibir pecah, bau mulut, gusi berdarah

Sariawan yang disebabkan pertumbuhan bakteri dalam mulut akan lenyap dengan anti septik yang terkandung dalam daun bidara. Gejala sariawan seperti bibir pecah- pecah, bau mulut dan gusi berdarah akan terobati dengan daun bidara ini. Jika ada yang alami kenapa harus milih bahan kimia.

Mengobati kanker, tumor, kista

Khasiat daun bidara selanjutnya adalah untuk mengobati kanker. Sebagai anti bakterial, khasiat daun bidara dipercaya bisa membasmi pertumbuhan sel kanker, tumor, dan kista. Cara kerjanya dengan mencegah pertumbuhan karingan abnolmal tersebut.

Mengatasi masalah kewanitaan

Masalah kewanitaan menjadi dilema tersendiri karena membuat tidak nyaman. kandungan antiseptik pada daun bidara yang masih muda dan segar bisa mengatasi masalah keputihan dan melancarkan haid. Cara kerjanya dengan menstabilkan hormon sehingga haid kembali lancar dan menekan bakteri penyebab keputihan.

Mengobati peradangan

Khasiat daun bidara yang terkahir adalah bisa untuk mengobati peradangan. Peradangan yang terjadi pada kulit bisa diobati menggunakan daun bidara. Kandungan vitamin E pada daun bisa menghaluskan kulit sekaligus mengobati sel rusak penyebab radang.

Masih ada banyak lagi sebenarnya manfaat dan khasiat daun bidara ini tubuh. Misalkan untuk meningkatkan gairah hubungan intim suami istri yang sangat didamba-dambakan. Berikut rinciannya :

  • Meningkatkan gairah berhubungan/seksual
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Sebagai obat ambeien
  • Mengatasi bisul
  • Menurunkan demam tinggi
  • Bagus untuk kesehatan tulang
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Sebagai obat insomnia
  • Menjaga kesehatan usus
  • Sebagai obat radang pada kulit
  • Mengobati penyakit kardiova skuler
  • Mengobati sakit nyeri
  • Memperkuat dan menyuburkan rambut
  • Sebagai obat radang pada kulit
  • Menyehatkan sel tubuh

manfaat daun bidara untuk kecantikan

Manfaat daun bidara untuk kecantikan

Daun bidara juga memiliki khasiat yang bagus untuk perawatan wajah. Ini sebenarnya sudah tidak menjadi rahasia lagi. Banyak orang sudah mengetahui hal tersebut dan menerapkannya untuk mempercantik wajah.

Daun bidara memiliki kandungan yang efektif untuk menghilangkan kotoran kulit dan menjaga kulit rusak. Selain itu, juga baik untuk membersihkan jerawat wajah. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah pada wajah terutama jerawat, bisa memanfaatkan daun bidara ini untuk menghilangkannya.

Cara menggunakan daun bidara untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah. Pertama ambil beberapa helai daun bidara, kemudian tumbuk halus. Tambahkan sedikit air agar sedikit bisa mengental. Setelah itu olehkan pada wajah seperti halnya masker wajah. Biarkan beberapa menit, kurang lebih 20-30 menit. Bersihkan dengan air bersih tanpa perlu menggunakan sabun.

Lakukan secara rutin, kurang lebih 2 bulan dengan pemakaian satu minggu 3-4 kali saja. Setelah itu lihat hasil perubahannya. Wajah Anda akan semakin bersih dan terlihat cantik mempesona.

Daun bidara dalam perubatan islam

Dalam islam, daun bidara ini memiliki khasiat yang begitu ajaib. Salah satu diantaranya adalah untuk memandikan jenazah dan mengobati gangguna jin dan sihir. Hal ini sudah tersebutkan dalam Hadits Riwayat Muslim. Berikut bunyinya :

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian) atau yang sejenis. Dan bila kalian telah selesai beritahu aku”. (HR. BUKHARI HADITS NO – 1175)

Sementara untuk mengobati gangguan jin dan sihir ini memang sudah pernah diterapkan oleh sebagian orang islam dan hasilnya benar. Daun bidara ini mampu menghilangkan gangguan jin dan sihir.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jin dan sihir dengan daun bidara ini. Pertama dengan menjadikannya sebagai minuman. Kedua menjadikannya untuk mandi. Dan ketiga ada yang mempraktekkan dengan langsung menyabetkannya.

Tentu dengan dibarengi beberapa bacaan ayat Al-Alqur’an, baik untuk minuman, mandi, dan atau disabetkan langsung. Lebih jelasnya tanyakan pada Kiai atau ulamak sekitar Anda.

Satu lagi manfaat daun bidara dalam perubatan islam adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat jasad. Nabi Rasulullah SAW sendiri pun juga menyukai daun bidara ini. “Dan kesemua itu pakai daun widara,dan widara itu lebih aku suka dari pada daun khitmi, karena daun widara itu lebih menjaga pada badan dan memperkuat jasad.

Wallahu A’lam.

manfaat daun bidara

Cara membuat ramuan daun bidara

Menggunakan daun bidara sebagai ramuan atau pengobatan sebenarnya menjadi alternatif yang baik dari pada harus menggunakan obat kimia yang begitu banyak mengandung efek samping. Disamping itu, cara mengolah daun bidara ini juga cukup simple. Bisa dikatakan mudah.

Ada dua cara mengolah daun bidara ini untuk mendapatkan manfaatnya dalam kesehatan tubuh. Pertama yaitu dengan pengobatan luar. Yaitu menjadikannya daun bidara sebagai olesan dengan menumbuk terlebih dahulu dan diberi sedikit air. Atau bisa langsung menempelkan pada luka yang terkena sayatan atau memar.

Yang kedua yaitu membuat ramuan daun bidara untuk minuman. Caranya tinggal mengambil beberapa helai daun bidara, kemudian keringkan seperti teh. Setelah itu seduh dengan air panas. Minum setiap hari secara rutin.

Efek samping daun bidara

Daun bidara ini memang tergolong tumbuhan yang tidak memiliki cukup bahaya. Namun, jika salah penggunaan, misalnya memiliki gangguan pada tubuh yang bersangkutan dengan kandungan yang ada pada daun bidara, maka akan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Selain itu, seperti yang Admin baca dari forum kaskus. Mengkonsumsi daun bidara secara lebih, akan mengalami efek samping keseringan buang air kecil. Memang efek samping ini tidak tergolong bahaya, namun jika terus ingin buang air kecil maka akan sedikit mengganggu aktivitas.

Untuk itu, pastikan mengkonsumsi daun bidara ini dengan sebatas wajar. Tidak kurang juga tidak lebih jika ingin menggunakan sebagai pengobatan diri. Disamping itu, pastikan untuk terus konsultasi dengan dokter. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.