Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

7khasiat.com | Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil – Kenikir atau disebut juga ulam raja merupakan tanaman liar yang tumbuh di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri kenikir diambil daunnya sebagai lalapan, urap- urap, dan aneka olahan sayur lainnya. Ciri daunnya bertangkai panjang, daun saling berhadapan, terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.

Khasiat daun kenikir bagus untuk kesehatan dan bisa mengobati berbagai penyakit. Secara umum daunnya mengandung senyawa seperti tokoferol, polifenol, hidroksieugenol, flavonoid, saponin, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin, dan koniferil alkohol.

manfaat dan khasiat daun kenikir

Berikut ini khasiat dan manfaat daun kenikir :

Mengobati maag dan lemah lambung

Kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol berkhasiat untuk menetralkan keasaman lambung. Senyawa ini bekerja dengan cara menguatkan otot sphingter lambung. Yang mana otot ini bekerja untuk menerima asupan nutrisi makanan. Kerja senyawa alami yang terdapat pada daun kenikir aman bagi lambung sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Mengobati lemah jantung

Khasiat daun kenikir dapat mengobati lemah jantung. Senyawa flavonoid mampu memperlancar aliran darah. Senyawa tersebut juga berfungsi memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung stabil. Sedangkan kandungan antioksidannya berkhasiat untuk memperbaiki sel- sel yang rusak. Dengan demikian lemah jantung dapat terobati.

Mengobati kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian. Tak heran jika setiap orang takut terserang penyakit ini. Sebagai upaya pencegahan alami dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi rebusan daun kenikir. Kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid, dan antioksidannya berkhasiat melawan sel kanker. Untuk hasil yang maksimal, disarankan meminum air putih yang banyak agar racun bisa terlarut keluar.

Sebagai obat cuci darah

Khasiat daun kenikir yang tidak banyak diketahui orang yakni bisa dijadikan obat cuci darah. Kandungan vitamin E, antioksidan, dan flavonoid mampu menetralkan racun yang terbawa darah. Cukup dengan mengkonsumsi daun kenikir sebagai sayuran, maka secara efektif bisa membersihkan racun dalam tubuh.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin C secara bersama- sama berkhasiat untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Sedangkan proteinnya berfungsi untuk membentuk fagosit yang diperlukan kekebalan tubuh.

Mengatasi bau mulut

Masalah bau mulut menjadi dilema tersendiri bagi setiap orang. Selain tidak nyaman juga membuat kurang percaya diri.  Khasiat daun kenikir bisa mengatasi masalah tersebut. Kandungan koniferil alkohol mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Kuman dan bakteri tersebut biasanya berasal dari makanan dan juga hasil metabolisme tak sempurna. Dengan mengunyah daun selama 20-30 detik  kemudian berkumur maka kuman dan bakteri akan mati.

Mengobati gondong

Penyakit gondong disebabkan adanya peradangan. Senyawa polifenol dan tokoferol dalam daun kenikir berkhasiat untuk meredakan peradangan tersebut. Cara pengobatannya cukup mudah. Yaitu dengan cara melumuri bagian yang sakit dengan daun kenikir yang telah ditumbuk halus.

Selain manfaat daun kenikir tersebut di atas, daun kenikir ternyata juga memiliki khasiat untuk ibu hamil. Nah, manfaat daun kenikir untuk ibu hamil adalah untuk menambah nafsu makan, menguatkan tulang, mengobati pembengkakan, dan melancarkan ASI.

manfaat dan khasiat daun kenikir

Cara Mengolah Daun Kenikir

Untuk mengolah atau merebus daun kenikir sebagai pengobatan ini cukuplah mudah. Berikut ini step-step yang bisa Anda ikuti

  • Pertama, ambil beberapa helai daun kenikir. Pastikan yang mudah segar. Biasanya ada pada bagian pucuk.
  • Kedua, cuci bersih daun kenikir yang sudah dipetik tadi.
  • Ketiga, tuangkan air sebanyak 2-3 gelas kedalam pemanas dan didihkan.
  • Keempat, jika air sudah mendidih masukkan daun kenikir tadi. Masak terus atau didihkan terus hingga air tinggal 1 gelas.
  • Kelima, tambahkan dengan madu untuk menambah nutrisi kesehatan.
  • Keenam, minumlah secara rutin minimal setiap hari 1 kali konsumsi.

Selesai. Mudah bukan cara mengolah daun kenikir untuk kesehatan. Sebenarnya, selain dengan cara merebus daun kenikir ini masih ada cara lain untuk menjadikan daun kenikir ini sebagai pengobatan yaitu dengan menumbuknya atau menghaluskannya menjadi lembut. Ingin tahun caranya ? Berikut !

  • Pertama, pilih daun kenikir yang masih muda dan bagus secukupnya. Biasanya pada bagian pucuk.
  • Kedua, cuci bersih daun kenikir hingga benar-benar bersih.
  • Ketiga, tuangkan pada tumbukan dan tumbuk hingga lembut.
  • Keempat, oleskan langsung pada bagian yang sakit atau meradang.
  • Kelima, ulangi minimal 2 kali dalam sehari agar memperoleh hasil yang maksimal.

Selesai. Bagaimana, mudah juga bukan dengan cara menumbuk langsung. Sebetulnya Anda juga bisa langsung meremasnya dengan kedua tanggan. Jadi, setelah Anda cuci bersih daun kenikir tersebut kemudian langsung Anda remas-remas dengan kedua tangan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat daun kenikir bagi kesehatan dan ibu hamil. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan. Sebagai catatan, meski tumbuhan ini tidak tergolong bahaya akan tetapi tetap memiliki efek samping. Jadi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berlebihan. Jika terjadi sesuatu pada tubuh Anda maka hentikan makan daun kenikir ini dan segera konsultasi pada dokter. Terimakasih.