manfaat alpukat untuk ibu hamil

15 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Posted on

7khasiat.com | Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil – Alpukat bisa dibilang salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai jus atau diolah sebagai makanan lainnya. Dibalik kelezatannya untuk dikonsumsi, buah alpukat diketahui memiliki berbagai manfaat lain untuk tubuh. Bahkan, diketahui alpukat sudah banyak digunakan untuk kecantikan diberbagai belahan dunia. Namun rupanya tidak hanya itu saja, pasalnya alpukat juga diketahui memiliki manfaat kesehatan untuk ibu hamil. Di mana, manfaat alpukat untuk ibu hamil ini tentu tidak bisa dilepaskan dai kandungan zat-zat yang ada di dalamnya.

Untuk diketahui, alpukat sendiri merupakan buah yang konon berasal dari Meksiko di Amerika Selatan. Di mana, dengan vitamin dan mineral tinggi yang dimilikinya membuat buah ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat alpukat untuk ibu hamil, nampaknya penjelasan kali ini patut Anda simak. Pasalnya, pada kesempatan kali ini kita akan mengulasnya secara mendalam pada beberapa segmen di bawah ini.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Menyehatkan Tulang Bayi

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan organ tubu bayi di dalam kandungan. Untuk itulah, yang membuat alpukat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, kekurangan asam folat ketika hamil bisa membuat deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Di mana, hal ini akan membuat susunan gigi tetap menjadi tidak teratur karena gangguan perkembangan rahang saat belum lahir.

2. Menghindari Cacat Syaraf pada Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang kedua ini masih ada kaitan dari kandungan asam folat yang dimilikinya. Di mana, asam folat tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya. Berdasarkan banyak penelitian, setiap itisan dari buah alpukat tersebut mengandung 59 mcg asam folat yang cukup bermanfaat untuk kesehatan janin. Disarankan untuk biu hamil sebaiknya mengkonsumsi setengah cangkir alpukat.

3. Sebagai Asupan Kalsium

Selain asam folat, alpukat juga diketahui memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Hal ini membuat alpukat sangat baik dikonsumsi ibu hamil yang membutuhkan asupan kalsium dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Di mana, kandungan kalsium tersebut diketahui sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang pada bayi di dalam janin.

4. Mencegah Komplikasi

Ibu hamil sangat rentan mengalami kondisi kelelahan yang bisa menimbulkan berbagai resiko komplikai seperti anemia, insomnia dan lain sebagainya. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, alpukat rupanya bisa Anda manfaatkan. Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan menkonsumsinya sebagai jus.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Tidak hanya bisa memberikan nutrisi melalui zat-zat bermanfaat yang dibawanya, alpukat juga bisa digunakan untuk bisa meningkatkan penyerapan nutrisi pada ibu hamil. Di mana, berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan jika mengkonsumsi buah alpukat dapat meninkatkan penyerapan karotenois dalam tubuh. Karotenoid ini sendiri merupakan zat yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk bisa mencegah gangguan atau penyakit mata pada janin.

6. Sebagai Obat Kram

Kram menjadi salah satu hal yang kerap dialami oleh ibu hamil terlebih lagi ketika sudah memasuki masa-masa hamil tua. Hal ini memang bisa dibilang cukup biasa dan umum, namun tentunya jika terjadi terus menerus akan membuat ibu hamil merasa kesakita. Nah, bagi Anda yang kerap mengalami keram tersebut, Anda bisa menggunakan manfaat alpukat untuk ibu hamil. Di mana, kandungan potaium yang terdapat pada alpukat disebut mampu membantu mengurangi kram pada ibu hamil.

7. Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Kolesterol dan juga gula darah tinggi akan sangat berbahaya untuk seorang ibu hamil. Pasalnya, dua penyakit tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah komplikasi terkait kesehatan janin yang dikandungnya. Untuk itu, wajib bagi seorang ibu hamil agar tetap menjaga kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuhnya tetap normal. Dalam hal ini manfaat alpukat untuk ibu hamil bisa menekan secara signifikan kandungan kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, berdasakan penelitian juga terungkap jika alpukat mampu menekan respon insulin agar kadar gula darah bisa tetap normal.

8. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Pada masa kehamilan khususnya ketika memasuki usia kehamilan tua, ibu hamil biasanya akan mengalami maslah pencernaan. Di mana, masalah pencernaan yang dialami ibu hamil tersebut biasanya berupa sembelit. Hal ini memang bukan tanpa alasan, pada masa kehamilan tua memang masalah ini menjadi hal yang kerap dialami ibu hamil karena pergerakan usus yang biasanya agak terhambat. Nah, manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini bisa Anda gunakan untuk bisa melancarkan pencernaan. Di mana, alpukat dipercaya mampu meningkatkan pergerakan usus menjadi lebih baik karena mengandung serat yang tinggi.

TERKAIT : 7 Manfaat dan Khasiat Ampuh Madu Untuk Ibu Hamil

9. Menjadikan Cepat Kenyang dan Tak Mudah Lesu

Manfaat alpukat untuk ibu hamil 9 bulan selanjutnya adalah mampu mempercepat rasa kenyang di perut, dan tidak mudah lesu. Ini disebabkan dalam buah alpukat terkandung asam oleat. Jika dibandingkan dengan lemak trans dan lemak jenuh yang ada pada makanan olahan, lebih baik dengan lemak tak jenuh dari buah alpukat ini. Dengan begitu, bagi ibu hamil yang tidak ingin berat badan bertambah dan tetap bugar, bisa diatasi dengan buah alpukat ini.

10. Baik Untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya rawan sekali dengan kuranganya zat lituein. Jika ini terjadi dan terus berkurang maka bisa menyebabkan efek buruk pada mata penglihatan dan resiko katarak. Nah, buah alpukat mampu menangkal masalah tersebut. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, maka lituein secara otomatis akan meningkat, dan resiko pada mata dapat dihindari.

11. Mencegah Deformitas Bayi

Deformitas bisa dikatakan sebagai susunan gigi yang tidak teratur. Gejala ini disebabkan karena ada kelainan dibagian rahang. Untuk mencegah terjadinya resiko tersebut, dibutuhkan asupan asam folat yang cukup. Kurang lebih untuk ibu hamil sebanyak 400mcg setiap harinya. Karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Dalam buah alpukat terdapat kandungan asam folat yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Dengan begitu akan sangat membantu pembentukan organ tubuh pada janin dan mencegah keterlambatan gigi susu untuk tanggal.

12. Baik Untuk Pertumbuhan Otak Bayi

Makan makanan yang dikonsumsi oleh bayi atau janin yang ada pada kandungan adalah dari ibunya. Jika seorang ibu hamil mengkonsumsi makanan yang akan vitamin dan gizi, maka secara otomatis janin atau bayi akan tumbuh secara bagus. Nah, buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan gizi yang cukup. Terutama ada kandungan asam folat yang baik untuk pertumbuhan otak bayi. Untuk itu penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil setiap harinya dengan buah alpukat atau buah delima. Khasiat dilema untuk ibu hamil

13. Penambah Darah Ibu Hamil

Kebutuhan zat besi seorang ibu hamil harusnya lebih banyak jika dibandingkan dengan ibu tidak hamil. Hal ini untuk menghindari resiko lemas, pusing, dan mudah lelah. Karena itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi suplemen aman penambah darah dari dokter. Namun, jika ingin yang alami buah alpukat ini bisa jadi pilihan. Buah satu ini akan mencukupi kebutuhan zat besi harian ibu hamil.

14. Makanan Higienis Bagi Ibu Hamil

Dalam mengkonsumsi makanan, seorang ibu hamil haruslah hati-hati. Memastikan makanan yang dimakan jauh dari bakteri, kotoran, dan zat-zat bahaya lainnya. Karena ini juga akan beresiko bagi bayi. Salah satu buah yang bisa dibilang higienis dan jauh dari pestisida adalah alpukat. Buah ini memiliki kulit yang cukup tebal, dan mampu melindungi daging buah didalamnya.

15. Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang terakhir adalah membantu meningkatkan produksi hormon prolaktin. Kenapa hormon ini sangat penting bagi ibu hamil ? Ibu hamil yang kekurangan hormon prolaktin akan mengalami tingkat emosi kurang stabil, bisa menjadikan stress dan ini sangat buruk bagi bayi dalam kandungan. Nah, buah alpukat memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi dan ini mampu meningkatkan produksi hormon prolaktin tersebut.

TERKAIT : Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil

Demikian informasi manfaat alpukat untuk ibu hamil 9 bulan. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Yang harus diperhatikan adalah, meski alpukat tergolong dalam buah-buahan yang jauh dari bahaya, namun buah ini juga bisa menjadi bahaya bagi ibu hamil. Ada beberapa bahaya alpukat untuk ibu hamil yang bisa terjadi, seperti alergi, menurunkan produksi ASI, merusak hati, dll. Untuk itu selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini dalam satu hari.

Jika dokter kandungan Anda menyarankan untuk berhenti mengkonsumsi buah alpukat, maka segera hentikan dan cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian Anda dengan buah lainnya. Yang harus dijaga ketika hamil adalah menghindari stress, batasi konsumsi mie instan, bakso, pedas-pedas, dan istirahat tidur yang cukup. Terimakasih

Selain bagu untuk ibu hamil, buah alpukat juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Berikut 7 khasiat buah alpukat untuk kesehatan.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *