7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diet BB Turun 7 Kg

7khasiat.com | Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diet – Bagi Anda yang sering bergelut dengan dapur tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya belimbing wuluh bukan? Ya bahan yang satu ini memang kerap dijadikan salah satu bahan tambahan bumbu masak. Meskipun merupakan salah satu jenis buah, belimbing wuluh sangat jarang dikonsumsi langsung karena rasanya yang teramat masam. Tidak heran jika belimbing wuluh memang lebih sering digunakan sebagai bahan tambahan bumbu masakan maupun dijadikan sebagai obat. Namun demikian, belimbing wuluh ini juga disebut-sebut cukup efektif untuk diet. Manfaat belimbing wuluh untuk diet ini mungkin belum sepopuler beberapa bahan lain, namun tentu Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Karena ada dari sebagian mereka sukses langsing dengan belimbing wuluh.

Ada beberapa kandungan zat bermanfaat yang dimiliki oleh belimbing wuluh salah satunya adalah vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh tersebut lah yang membuatnya memiliki rasa yang super masam. Namun tidak hanya itu saja, belimbing wuluh juga memiliki kandungan lain seperti serat, pektin, terpenoid, thiamine serta niacin. Nah, beberapa zat tersebut memang akan sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ketika Anda sedang melakukan diet. Baiklah tidak usah berlama-lama mari kita simak beberapa ulasan mengenai diet menggunakan belimbing wuluh untuk diet pada beberapa segmen di bawah ini, ditambah resep belimbing wuluh untuk diet. Berikut :

Manfaat belimbing wuluh untuk diet

Manfaat Air Rebusan Belimbing Wuluh Untuk Diet

Mencegah Penumpukan Kalori

Manfaat belimbing wuluh untuk diet yang pertama adalah mampu mencegah penumpukan kalori dalam tubuh. Kalori yang masuk dalam tubuh haruslah diperhatikan, karena ini bisa mengakibatkan proses metabolisme melambat sehingga tidak bisa menyerap nutrisi secara sempurna. Akhirnya kalori tidak bisa diurai dan mengalami penumpukan dalam tubuh. Nah, mengkonsumsi belimbing wuluh secara rutin mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, semua kalori akan terbakar menjadi tenaga dan nutrisi bisa diserap tubuh.

Menahan Nafsu Makan Lebih Lama

Salah satu pantangan besar dalam progam diet adalah menahan nafsu makan alias ngemil. Ya, banyak dari mereka yang gagal menjalankan progam diet karena alasan ini. Memang, banyak makan atau ngemil bukan karena lapar melainkan karena rasa ingin. Belimbing wuluh memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk menahan nafsu makan. Ini karena rasa asam dan kecut pada buah ini yang mampu menahan nafsu makan. Selain itu, belimbing wuluh juga memiliki serat yang cukup dan ini mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, rasa ingin untuk tetap makan akan berkurang. Sehingga progam diet tetap lancar dan sempurna

Menurunkan Tensi Darah Terlalu Tinggi

Jika selama ini Anda terpaku dengan kata diet yang sering diartikan sebagai proses atau cara untuk menurunkan berat badan, mungkin Anda harus merubah pemikiran Anda sekarang juga. Pasalnya, diet sendiri sebenarnya adalah mengembalikan pola kerja sistem di dalam tubuh agar kembali normal. Nah, salah satu manfaat belimbing wuluh untuk diet ini adalah dapat menurunkan tekanan atau tensi darah yang terlampau tinggi. Seperti yang kita ketahui bersama, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa dibilang cukup berbahaya dan bisa memicu beragam penyakit lain. Cara menggunakan belimbing wuluh untuk menurunkan tensi darah adalah dengan minum air rebusan belimbing wuluh setiap pagi hari setelah sarapan.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Selain bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, belimbing wuluh juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara untuk memperlancar metabolisme tubuh. Perlu diketahui, metabolisme tubuh merupakan suatu proses kimiawi di dalam tubuh yang mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energi. Nah, proses metabolisme ini sangatlah penting untuk bisa membuat kinerja seluruh tubuh berjalan normal. Untuk itu, ketika metabolisme di dalam tubuh Anda berjalan lancar maka badan Anda pun akan bekerja sesuai dengan kapasitasnya. Selain itu, dalam proses diet penurunan berat badan, metabolisme yang baik akan mempermudah pembakaran lemak menjadi tenaga. Cara menjadikan belimbing wuluh untuk memperlancar metabolisme tubuh adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin sebagai jus ataupun dengan cara lainnya.

Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan yang ada di dunia ini. Hampir setiap hai di dunia ada orang yang meninggal dikarenakan menderita oenyakit yang satu ini. penyebab paling utama dari penyakit yang juga biasa disebut dengan kencing manis ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun tergolong penyakit yang mematikan selain dengan pencegahan, Anda juga bisa mengatasi penyakit ini dengan menggunakan manfaat belimbing wuluh untuk diet. Bukan tanpa alasan, belimbing wuluh yang memiliki kandungan zat bernama tanin disebut-sebut mampu menurunkan kadar gula di dalam darah manusia yang tinggi menjadi kembali normal. Tidak hanya itu saja, konsumsi belimbing wuluh pada penderita diabetes juga bisa mencegah terjadinya komplikasi penyakit lain yang biasanya menjadi pemicu utama kematian.

Mengobati Batuk

Berbeda dengan diabetes yang terbilang penyakit berat sebagai salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Meskipun terbilang sakit ringan, batuk tetap saja mengganggu dan berbahaya jika tidak ditangani dengan segera. Nah, Anda pun bisa menggunakan manfaat belimbing wuluh untuk diet sebagai ibat batuk alami yang mujarab. Caranya adalah dengan mencampurkan air perasan belimbing wuluh dengan sedikit gula dan sedikit air. Minum lah secara teratur setiap pagi dan malam hari agar batuk reda dan badan kembali sehat.

Mencerahkan Kulit Kulit Wajah

Selain bisa digunakan untuk melancarkan metabolisme tubuh dan juga menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat belimbing wuluh untuk diet yang selanjutnya juga bisa Anda gunakan untuk mempercantik diri. Di mana, kandungan beragam vitamin seperti vitamin C, B1, A dan juga berbagai mineral di dalamnya membuat belimbing wuluh mampu membuat kulit menjadi cerah. Hal ini karena berbagai zat tersebut memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh. Nah, cara mencerahkan kulit dengan menggunakan belimbing wuluh adalah dengan mencampurkan belimbing wuluh yang telah diblender dengan air hangat dan gunakan untuk lulur tubuh. Sangat mudah bukan? Selengkapnya disini manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan.

 

Cara Mengolah Belimbing Wuluh Untuk Progam Diet

Setelah mengetahui banyak manfaat belimbing wuluh untuk diet, pastinya bertanya-tanya bagaimana cara mengolah belimbing wuluh untuk diet ? Ya, belimbing wuluh memang baik untuk progam diet, tetapi ada cara tersendiri untuk mengolah buah ini agar bisa membantu progam diet. Tidak dengan dimakan langsung tentunya, karena rasanya yang begitu masam dan kecut.

Cara membuat belimbing wuluh untuk diet bisa dengan dijadikan jus. Ya, pasti kebanyakan dari kalian suka dengan jus buah. Apalagi buah yang memiliki rasa asam, tentunya lebih segar. Cara membuat jus belimbing untuk diet cukup gampang, siapkan 9 belimbing wuluh, 1.125 ml air, 125 madu, dan 1 1/4 dm garam. Rebus air, madu, dan garam secara bersamaan. Setelah mendidih angkat dan dinginkan. Selanjutnya, ambil belimbing wuluh yang sudah di kupas dan cuci bersih, kemudian blender bersama rebusan air, madu, dan garam tadi. Selesai.

Selain jus, Anda bisa menjadikan belimbing wuluh sebagai es. Masih sama-sama segar tentunya. Bahan yang dibutuhkan 1 buah timun, air soda secukupnya, es batu secukupnya, 1 buah jeruk lemon, 20 buah belimbing wuluh, 12 sdm gula pasir, 250 ml air, dan garam. Langkah pengolahannya pertama cuci bersih belimbing wuluh kemudian geprek/lumatkan belimbing wuluh. Setelah sedikit halus, beri gula pasir dan diamkan selama 30-45 menit hingga keluar sarinya. Lanjut dengan merebus air hingga mendidih, setelah itu tuangkan garam dan aduk hingga merata. Biarkan sampai menyusut dan mengental. Jika sudah, angkat dan dinginkan, taruh pada botol dan simpan di kulkas. Terakhir, tuangkan 4-5 sdm sirup belimbing wuluh pada gelas, tambahkan air soda, dan tambahkan juga sedikit perasan jeruk lemon. Aduk hingga merata dan cicipi sesuai selera. Untuk menambah rasa segar, tambahkan timun yang sudah diserut dan es batu secukupnya.

Bagaimana, dari dua resep mengolah belimbing wuluh untuk diet di atas sudah dimengerti ? Jika masih kurang, ada beberapa cara lagi untuk mengolah belimbing wuluh sebagai progam diet harian. Bisa dijadikan ayam kuah asam, mosaru gojju, ikan kuah asam, acar, dan masih banyak lagi. Detailnya bisa disearch di Google yaa.

Demikian ulasan singkat manfaat dan khasiat belimbing wuluh untuk diet. Ingat, keberhasilan progam diet tidak hanya ditunjang dari belimbing wuluh saja yaa. Tapi juga dibarengi dengan aktivitas rutin lain, seperti olah raga rutin, pola makan teratur, istirahat teratur, dan progam-progam lainnya. Selamat mencoba.