manfaat kulit buah naga

Manfaat Kulit Buah Naga dan Cara Membuat Teh Kulit Buah Naga

Posted on

7khasiat.com | Manfaat Kulit Buah Naga dan Cara Membuat Teh Kulit Buah Naga – Buah naga atau kerap disebut dragon fruit merupakan buah asal Amerika Utara. Pohon buah naga ini termasuk jenis tanaman kaktus, yaitu dapat tumbuh di daerah kering dan tidak membutuhkan banyak air dalam pertumbuhannya. Di China, buah naga dianggap sakral. Dalam setiap acara keagamaan selalu disajikan buah naga sebagai sesaji untuk para dewa. Sedangkan di Indonesia, buah naga dijadikan buah konsumsi. Bisa disantap langsung maupun disajikan dalam berbagai olahan.

Buah naga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. misalnya vitamin C, vitamin E, vitamin B, vitamin D, likopen, kalsium, antioksidan, kalium, natrium, zat besi, protein, betakaroten, fosfor, serat, garam, lemak, dan air. Beberapa dokter juga menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi buah naga paska operasi. Kandungan senyawanya mampu membantu mengeringkan luka. Selain itu dengan rajjin mengkonsumsi buah naga dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker, menyehatkan ginjal, menstabilkan kadar kolesterol, menetralkan racun, mengobati rheumatik, meningkatkan kinerja otak, dan masih banyak lainnya. Berikut lengkapnya manfaat buah naga merah yang penting bagi tubuh

Selain buahnya, manfaat kulit buah naga juga baik untuk kesehatan. Kandungan gizi kulit buah naga cukup banyak sekali seperti betasianin, yaitu zat pewarna alami yang kaya akan mineral. Selain itu kulit buah naga bisa dijadikan masker untuk wajah. Kandungan vitamin E nya dibutuhkan kulit sehingga kulit akan tampak bersih, kencang, putih, dan menghilangkan kerutan.

manfaat kulit buah naga

Manfaat kulit buah naga untuk kecantikan dan kesehatan

1. Mengobati tumor

Manfaat kulit buah naga dapat mengobati tumor. Kandungan kulitnya terdapat senyawa yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel abnormal atau tumor. Penderita tumor dapat mengkonsumsi kulit buah naga sebagai pengobatan alternatif. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil kulit buah naga, dicuci bersih kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, dapat dinikmati dengan cara diseduh. Rutinkan dengan meminum 2x dalam sehari. Dengan demikian tumor akan berkurang secara perlahan.

2. Digunakan untuk mendeteksi kandungan boraks dan formalin

Makanan yang mengandung boraks atau formalin berbahaya bagi tubuh. Resikonya tubuh akan mengalami kanker, tumor, kerusakan organ lain jika mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks. Untuk mengetahui apakah makanan yang kita makan mengandung boraks atau formalin dapat menggunakan kulit buah naga.

3. Merawat kesehatan kulit wajah

Manfaat kulit buah naga untuk wajah dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Dalam kulit buah naga mengandung senyawa antioksidan, vitamin C, vitamin E yang dibutuhkan wajah. Senyawa anti oksidannya berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang membuat kulit menjadi kering, kusam, keriput. Sedangkan vitamin C dan vitamin E nya berguna untuk menutrisi kulit sehingga kulit tampak segar, bebas jerawat dan komedi. Caranya cukup mudah yang dengan menghaluskan kulit buah naga dengan diblender atau ditumbuk. Kemudian memakainya sebagai masker 3x dalam seminggu.

4. Melenturkan pembuluh darah

Kulit buah naga ternyata juga memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat untuk melentertukan pembuluh darah. Hal ini baru saja diungkapkan dalam sebuah penelitian, dimana senyawa aktif tersebut adalah pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan teraxast 12, 20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat berperan aktif dalam melindungi kelenturan pembuluh darah.

Diterangkan juga, ternyata khasiat senyawa aktif yang ada pada kulit buah naga ini sama persis dengan obat kimia bernama troxerutin. Yang mana obat tersebut terkenal kemampuannya dalam melindungi pembuluh darah micro.

5. Mengontrol kadar gula darah

Sebagian orang dengan usia lanjut, pasti mengalami masalah gula darah tinggi atau sering dikenal dengan diabetes. Ini disebabkan karena ketidak sehatan dalam asupan makan. Begitu tidak terkontrolnya asupan makanan yang dimakan. Alhasil, sistem hormon tubuh melemah dan tidak maksimalnya pengolahan kalori dalam tubuh. Nah, untuk alternatif pengobatan alami, Anda bisa mengkonsumsi buah naga ini secara rutin. Tapi ingan, jangan terlalu berlebihan juga.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kulit buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ paling penting dalam tubuh yang fungsinya memompa darah keseluruh tubuh. Dengan memiliki jantung yang sehat, akan memberikan tameng atau terhindarnya dari penyakit stroke, gagal jantung dan ketidak normalan detak jantung.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah dambaan setiap manusia. Nah, kulit buah naga ini adalah salah satu ramuannya. Bubuk kulit buah naga dipercaya mampu menjaga berat badan, sehingga sering digunakan untuk progam diet. Karena apa ? kulit buah naga memiliki kasiat mampu melancarkan sistem percernaan dan menjegah sembelit atau mengerasnya fases.

Teh Kulit Buah Naga

Kebanyakan orang, memanfaatkan kulit buah naga adalah dengan menjadikannya sebagai teh. Disamping cara membuat teh kulit buah naga cukup mudah, meminum teh kulit buah naga ketika masih hangat sangatlah nikmat. Apalagi ditambah dengan sedikit madu. Hmmm…. nyummyyy….

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat teh kulit buah naga ini ? Sangat mudah sekali. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama ambil kulit buah naga, kemudian iris keci-keci. Setelah itu jemur diterik matahari hingga kering. Kurang lebih satu hari. Jika sudah kering, simpan ditempat yang aman dan bersih. Bisa masukkan dalam toples dan pastikan tidak melembab. Sampai disini, jika ingin membuat teh kulit buah naga tinggal ambil kulit buah naga kering tadi secukupnya dan sedu dengan air panas. Tambahkan sedikit madu tapi jangan sampai terlalu manis. Minum dipagi hari dan malam hari. Lakukan secara rutin dan raskan nikmatnya.

Efek samping kulit buah naga

Meski buah ini tergolong buah menyahatkan, akan tetapi tetap memiliki efek samping meskipun itu tidak cukup bahaya. Efek samping yang timbul ketika mengkonsumsi kulit buah naga atau teh kulit buah naga adalah sering buah air kecil alias kencing. Tapi ini wajar, karena tubuh melakukan proses detokfikasi.

Tapi perlu diketahui, buah naga merah yang memiliki berat 260 gram memiliki berat kulit sekitar 20% atau 52 gram. Sementara dalam 100 gram kulit buah naga kering terdapat 150 mg betasianin. Yang artinya, manusia hanya boleh mengkonsumsi 66 gram dari kulit buah naga kering dalam satu hari. Jadi, sebaiknya Anda dalam tiap hari tidak mengkonsumsi kulit buah naga kering sebanyak lebih 50 gram.

Demikian informasi tentang khasiat kulit buah naga dan cara membuat teh dari kulit buah naga. Semoga informasi di atas bermanfaat. Terimakasih.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *