manfaat kunyit untuk kesehatan

21 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paling Mujarab

Posted on

7khasiat.com | Manfaat Kunyit untuk Kesehatan – Kunyit merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan atau dimanfaatkan orang Indonesia sebagai penambah cita rasa maupun warna pada masakan. Namun tidak hanya itu saja, kunyit juga kerap digunakan sebagai jamu ataupun obat tradisional dibeberapa daerah. Hal ini tentu tidak lepas dari khasiat kunyit dan madu untuk kesehatan yang memang sudah dibuktikan nenek moyang kita. Ya, sebelum adanya obat kimia, manfaat kunyit untuk kesehatan dengan  beberapa campuran bahan lain sudah dikenal masyarakat Nusantara sebagai obat yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti halnya yang sudah tidak diragukan lagi adalah khasiat kunyit untuk maag.

Bahkan tidak hanya itu saja, seiring dengan perkembangan jaman kunyit kini pun kerap digunakan sebagai ramuan kecantikan. Banyaknya manfaat atau kegunaan kunyit ini tidak lepas dari kandungan zat atau senyawa yang dibawanya. Kunyit diketahui memiliki senyawa atau zat bernama curcumin yang sangat dominan yang membuat warnanya menjadi kuning pekat. Curcumin ini lah yang disebut-sebut bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas manfaat kunyit untuk kesehatan di beberapa segmen di bawah ini.

manfaat kunyit untuk kesehatan

Khasiat Kunyit Untuk Maag dan Penyakit Lainnya

Anti Inflamasi atau Peradangan

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah mampu berperan sebagai anti inflamasi atau peradangan. Kunyit memiliki kandungan minyak volatile yang berdasarkan penelitian ang telah dilakukan mengungkap jika zat tersebut mampu untuk mengatasi inflamasi atau peradangan. Bahkan, kemampuan dari minyak volatile yang ada di dalam kunyit tersebutmampu mengalahkan minyak atsiri dalam mengatasi inflamasi. Bahkan ada kelebihan dari kunyit dalam mengatasi inflamasi dibandingkan obat-obatan kimia. Di mana, kunyit tidak akan menghasilkan toksisita ketika mengatasi inflamasi yang terjadi.

Baca Juga !!!

Bahaya dan Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

25 Manfaat Ciplukan Paling Ajaib Untuk Kesehatan

Pencegahan Kanker

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi saja, kunyit juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit mematikan kanker. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan curcumin yang ada di dalam kunyit ini yang bisa melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang bisa merusak DNA dan menimbulkan kanker. Tidak hanya itu saja, curcumin juga diketahui mampu menghancurkan sel-sel kanker sebelum menyebar ke seluruh tubuh untuk merusak organ-organ vital di dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan utin mengkonsumsi kunyit adalah kanker hati, usus besar, darah dan juga prostat.

Meningkatkan Fungsi Hati

Hati atau liver sangat berperan penting dalam sistem tubuh manusia, tidak heran jika organ satu ini sangat vital. Di mana, fungsi utama dari hatai adalah untuk bisa menyaring kotoran ataupun racun yang mauk ke dalam tubuh untuk bisa dibersihkan. Berdasarkan penelitian, kunyit disebut-sebut mampu membuat hati bekerja lebih maksimal dalam melakukan detoksifikasi bahan kimia. Hal ini tentu tidak lepas dari kandungan zat-zat bermanfaat yang ada di dalam kunyit itu sendiri.

Mencegah Alzamer

Alzaimer merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia yang kaitannya dengan ingatan. Kandungan curcumin yang dibawa pada kunyit ini, disebutkan mampu mencegah penyakit Alzaimer pada orang lanjut usia. Hal ini diketahui dari sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Isalia pada Desember 2003. Di mana, dalam jurnal tersebut dibahas mengenai peran curcumin pada kunyit dalam mencegah penyakit Alzaimer. Dari penelitian tersebut diketahui jika kunyit dengan kandungan curcuminnya mampu atau berperan penting dalam induksi gen di wilayah hippocampus otak yang merupakan titik vital ingatan. Dengan terjaganya titik tersebut Anda akan dapat terhindar dari penyakit Alzaimer.

Mengurangi Resiko Leukimia

Leukimia adalah sebuah penyakit mematikan yang cukup sulit untuk diobati hingga sembuh. Nah, namun demikian bukan berarti penyakit leukimia ini tidak ada obatnya. Di mana, salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan bahkan disebut-sebut mampu mengobati penyakit mematikan satu ini. Hal tersebut bahkan sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL. Di mana, dirinya membuktikan jika zat curcumin pada kunyit mampu membuat berbagai reaksi pada penderita leukimia. Di mana, salah satunya adalah mampu menghambat perbanyakan sel leukimia dalam kultur sel.

Perlindungan Kardiovaskular

Kandungan curcumin yang ada di dalam kunyit memang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Selain dapat digunakan untuk beberapa hal di atas, curcumin diyakini mampu melindungi pembuluh darah kardiovaskular. Untuk diketahui, kardiovaskular merupakan salah satu pembuluh darah paling penting yang mengalirkan darah. Di mana, jika pembuluh darah yang satu ini mengalami kerusakan tubuh bisa mengalami stroke atau bahkan penyakit jantung. Dengan vitamin B6 yang ada pada curcumin, diyakini jika resiko penyakit janting yang ditimbulkan dari rusaknya kardiovaskular akan berkurang. Pasalnya, vitamin B6 sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tingkat homocysteine agar tetap stabil dan tidak terlalu tinggi. Hal ini pun sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam  Indian Journal of Physiology and Farmakologi.

Mengatasi Sakit Perut Dispepsia (Maag)

Perut kembung atau dipepsia (maag) adalah penyakit yang menyerang bagian saluran pencernaan. Ini sangat nyeri dan tentu menggangu aktivitas. Gejala dipepsia disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan karena ada bakteri masuk yang melukai dinding lambung sehingga menimbulkan infeksi. Study penelitian menyebutkan, jika kunyit memiliki manfaat bagus untuk mengatasi gejala tersebut. Kandung senyawa curcumin yang ada pada kunyit mampu merangsang lendir pelindung diding lambung. Selain itu, senyawa ini juga mampu meredakan rasa perih pada perut sekaligus meningkatkan nafsu makan.

Manfaat kunyit untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi. Sudah dari dulu banyak yang menggunakan jamu herbal dengan kunyit ini. Terlebih jamu harbal dari kunyit tidak menimbulkan banyak resiko. Masih ada banyak lagi sebenarnya manfaat kunyit untuk kesehatan. Lebih dari 21 manfaat kunyit untuk kesehatan selain yang tersebut di atas. Diantaranya, mampu memperlancar ASI, mengatasi haid tidak lancar, perut mual ataupun mulas, perut kembung, susah buang air besar, mabuk kendaraan, sakit gigi berlubang, iritasi pada kulit, tukak lambung, kulit gatal, menjaga gula penderita diabetes, mencegah depresi, obat alergi alami, meredakan deman dan flu, mengobati asma, membersih liver, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga !!!

Khasiat Buah Tomat dan Bahaya Bagi Kesehatan

9 Manfaat Buah Pisang Penting Untuk Kesehatan

Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan

Sampai sejauh ini, belum ditemukan efek samping buruk akibat mengkonsumsi kunyit dalam takaran rendah. Study penelitian menyebutkan jika belum pernah ditemukan efek samping pada seseorang yang mengkonsumsi kunyit 490 mg tidak hari dalam satu minggu. Jadi, Anda tidak perlu kawatir lagi untuk mengkonsumsi kunyit ini. Meski demikian, jangan terlalu berlebih mengkonsumsi kunyit apalagi dalam hitungan harian. Karena bagaimanapun juga yang berlebihan itu tidak baik. Nantinya akan menimbulkan efek samping seperti, alergi, gangguan pada empedu, gangguan hati, perdarahan, kontraksi uterus, gangguan pada perut dan pencernaan, hingga mengurangi kesuburan pada pria.

Nah, sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi kunyit untuk kesehatan. Terlebih bagi para ibu hamil dan menyusui serta penderita diabetes, penderita gangguan pendarahan dan kekurangan zat besi. Pastikan selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, kunyit juga memiliki sejuta khasiat untuk kecantikan. Berikut manfaat kunyit untuk wajah cantik alami. Selamat mencoba.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *