manfaat pisang untuk ibu hamil

11 Manfaat Luar Biasa Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

Posted on

7khasiat.com | Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Pisang, buah-buahan asli Indonesia ini diketahui memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi secara langsung maupun diolah sebagai kudapan atau masakan. Bahkan, saat ini kepopuleran pisang sebagai makanan olahan pun kian melejit. Di mana, saat ini banyak makanan olahan berbahan dasar pisang yang banyak dijual diinternet maupun secara langsung. Namun, terlepas dari rasa maupun kenikmatanya ketika diolah menjadi masakan, pisang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berbagai zat dan vitamin yang dibawa oleh pisang ini diketahui sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Salah satunya adalah manfaat pisang untuk ibu hamil yang ternyata sangatlah banyak.

Bahkan, banyaknya manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dari pisang tersebut membuatnya direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur. Hal tersebut disampaikan oleh National Institutes of Health yang merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang 3 sampai 4 buah setiap harinya. Nah, tentu Anda sudah penasaran dengan khasiat buah pisang untuk ibu hamil bukan? Naiklah, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

manfaat pisang untuk ibu hamil

Manfaat dan Bahaya Pisang Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Pisang mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya adalah asam folat. Di mana, asam folat ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk bisa membantu perkembangan sistem saraf pada otak janin. Tidak hanya itu saja, asam folat juga berperan dalam pembentukan sumsum tulang belakang pada janin. Sehingga, kandungan asam folat yang dibawa oleh pisang ini memang sangat berguna jika dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil yang kekurangan asam folat di masa kehamilannya memiliki potensi melahirkan bayi cacat. Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi pisang 3 hingga 4 kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan asam folat janin Anda.

2. Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Tidak hanya bisa membantu perkembangan otak dan mencegah kecacatan pada janin, manfaat pisang untuk ibu hamil juga bisa mengatasi anemia. Ya, anemia memang kerap menjadi suatu masalah yang dialami oleh ibu hamil. Terlebih lagi ketika memasuki usia kehamilan tua yang biasanya akan mengalami pendarahan. Nah, kandungan zat besi pada pisang disebut-sebut mampu untuk menghasilkan hemoglobin di dalam tubuh sehingga bisa mengatasi atau mencegah anemia.

3. Mampu Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness atau mual-mual memang biasanya dialami oleh beberapa ibu hamil ketika kandungan masih dalam usia muda. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B6 ke dalam tubuh sang ibu hamil. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi pisang yang mengandung 4 g vitamin B6 di dalamnya. Bahkan tidak hanya itu saja, kandungan vitamin B6 pada pisang tersebut juga bisa meningkatkan perkembangan sel saraf pada otak janin. Untuk diketahui, vitamin B6 merupakan vitamin yang paling mudah larut dalam air sehingga akan lebih mudah bagi tubuh untuk menyerapnya. Morning sickness juga bisa diatasi dengan buah semangka. Berikut khasiat buah semangka untuk ibu hamil dan kesehatan

4. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Manfaat pisang untuk ibu hamil tidak hanya berguna ketika masih mengandung, namun juga ketika setelah melahirkan. Masalah berat badan yang membengkan sering dikeluhkan setiap wanita pasca melahirkan. Tidak mengherankan, asupan gizi yang banyak pada saat hamil mau tidak mau membuat tubuh pun kian gemuk. Meskipun tidak terjadi pada setiap wanita, namun hal tersebut kerap kali di alami oleh banyak wanita. Nah bagi Anda yang memiliki masalah ini, mengkonsumsi pisang pasca melahirkan bisa menjadi solusinya. Pasalnya, pisang disebut-sebut mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lancar untukb bisa membakar lemak di dalam tubuh.

5. Memperlancar Produksi ASI

Ada beberapa ibu hamil yang ketika setelah melahirkan biasanya mengalami masalah dengan ASI yang sulit keluar. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah konsumsi makanan yang salah yang membuat poduksi ASI tidak maksimal. Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah tersebut, ahli gizi menyarankan untuk Anda mengkonsumsi pisang secara teratur. Di mana, dengan konsumsi pisang teratur tersebut membuat produksi ASI menjadi lancar dan mudah untuk keluar.

6. Sebagai Oralit Alami Untuk Ibu dan Bayi

Selain berbagai masalah lain yang biasanya menimpa, ibu hamil juga keap mengalami masalah pencernaan. Untuk itulah, manfaat pisang untuk ibu hamil ini bisa menjadi oralit alami bagi ibu dan bayi yang dikandungnya. Bukan tanpa alasan, biasanya ibu hamil memang banyak kehilangan kalium yang membuatnya mengalami masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare. Nah, dengan mengkonsumsi pisang ini, masalah tersebut tentu akan teratasi dengan cukup baik. Namun demikian, jika manfaat tersebut akan diberikan pada bayi di atas 1 tahun, maka alangkah baiknya jika Anda mencampurnya dengan biskuit, bubur, dan juga ASI agar dapat dicerna dengan mudah.

7. Kaya Protein, Baik Untuk Pembentukan Antiobodi Janin dan Ibu

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai pembentuk antibodi janin dan si ibu. Ini sebab, buah pisang memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Protein ini sangat berperan aktif sebagai sumber kalori dan juga pembentukan antibodi. Seorang ibu hamil sangat direkomendasikan menjadikan buah pisang sebagai cemilan. Diterangkan jika dalam 225 gram buah pisang terkandung sebanyak 2,5 gram protein. Kekurangan protein pada ibu hamil bisa menyebabkan resiko bayi lahir dengan bibir sumbing.

8. Meningkatkan Energi Dengan Cepat Untuk Ibu Hamil

Buah pisang dapat dengan cepat membangkitkan engeri pada ibu hamil. Terutama ketika menghadapi trimester terahkir dan paska melahirkan. Ini karena, kandung gula pada buah pisang sangat alami dan dapat dengan mudah dicerna untuk memberikan energi pada ibu hamil. Buah pisang mengandung tiga jenis gula alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Pada setiap 225 gramnya, pisang mengandung 28 gram gula. Cara mengkonsumsi pisang yang sangat baik untuk meningkatkan energi adalah dengan mengkombinasikannya dengan susu. Namun ini harus dengan saran dokter ya bund. Meningkatkan energi juga bisa dengan mengkonsumsi buah kedondong. Karena ada 12 khasiat kedondong untuk ibu hamil dan kesehatan

9. Pisang Sebagai Penyeimbang Darah Yang Baik

Ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya. Ini harus menjadi perhatian tersendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diet sehat.buah pisang dapat dijadikan progam diet sehat. Kalium yang ada pada buah pisang dapat membantu menjaga tekanan darah bagi ibu hamil. Selain itu juga dapat mengurangi keram otot dan nyeri kaki selama masa kehamilan.

10. Mencukupi Kebutuhan Kalium Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil sangat membutuhkan banyak kalium. Minimal setiap harinya sekitar 4.700 miligram. Nah, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, bisa memanfaatkan pisang untuk ibu hamil. Buah pisang mengandung kalium sebanyak 425 miligram atau sekitar 9 persen dari kebutuhan kalium harian ibu hamil. Selain kalium, pisang juga mengandung mineral yang cukup, dan ini dapat mengatasi beberapa masalah pada ibu hamil seperti kaki bengkak dan kram kaki. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ada pembekakan yang berbahaya bagi ibu hamil yaitu preklamsia. Sebaiknya kosultasikan dengan dokter.

11. Sumber Kalium Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang memasuki masa trimester kedua sampai akhir kehamilan sangat penting untuk mencukupi kebutuhan zat kalium. Kalium ini beguna sekali untuk membantu perkembangan sistem rangka janin, memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot janin, dan memperkuat tulang. Pisang memiliki kandungan kalium cukup banyak, setiap 200 gram nya mengandung kalium sekitar 10 mg.

 

Jenis Pisang Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Melihat begitu banyak manfaat pisang untuk ibu hamil, pastilah para bumil ingin segera mengkonsumsi rutin buah pisang. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah buah pisang apa yang bagus untuk ibu hamil ? Sebenarnya, semua jenis pisang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, beberapa pakar gizi menyebutkan jika pisang yang baik untuk ibu hamil dan memiliki banyak kandungan gizi adalah pisang ambon.

Terlepas dari itu, banyak juga mitos yang menyebutkan jika pisang ambon berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bisa menyebabkan keguguran. Namun, hal tersebut tidak dibenarkan. Dalam kajian ilmiah dan berbagai buku kesehatan, pisang tidak memiliki kandungan yang membahayakan. Justru pisang jenis ambon ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, seperti asam folat, vitamin B6, protein, kalsium dan lainnya. Hanya saja, bagi mereka ibu hamil yang memiliki alergi sebaiknya hindari mengkonsumsi pisang.

 

PENTING DIKETAHUI BAGI IBU HAMIL

Untuk menjaga kesehatan si buah hati dan ibunda sendiri, pola makan yang teratur dan tidak sembarang mengkonsumsi makanan sangat penting untuk diperhatikan. Namun, memperhatikan makanan dan yang dikonsumsi bukan berarti membatasi makanan yang dimakan ya bund. Buah pisang memang baik untuk menunjang nutrisi ibu hamil. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan jadi bahaya bagi ibu hamil. Tergantung dari cara mengkonsumsinya. Jika dikonsumsi secara berlebihan tentu menjadi bahaya. Apalagi jika diolah sedemikian rupa dan menggunakan campuran bahan kimia. Untuk itu, alangkah baiknya selalu konsultasi dengan dokter yaa bund.

Nah, demikian informasi manfaat pisang untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat. Jaga baik-baik buah hati ya bund. Selain buah pisang, alpukat juga memiliki sejuta khasiat yang laur biasa bagi ibu hamil. Apa saja itu ? Yuk cari tahu disini bund 15 manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin  Ketahui juga yaa… madu sangat baik untuk kandungan sebab ada 7 manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil.

Gravatar Image
Berkomitmen menghadirkan informasi seputar khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita sayangi diri sendiri dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *